Sukses

Bisa untuk Promosi Bisnis, Ini 3 Tips Optimalkan Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Bermain media sosial merupakan sesuatu yang menyenangkan. Namun terkadang, banyak yang mengaitkan medsos dengan hal-hal negatif.

Padahal, semua itu tergantung bagaimana kita memanfaatkannya. Nah, salah satu efek positif kehadiran media sosial adalah kita dimudahkan untuk berkomunikasi dan menjangkau orang lain.

Kecanggihan media sosial juga dapat digunakan untuk berbagai hal positif. Misalnya saja mendapatkan informasi terbaru dengan mudah, memperoleh inspirasi, atau mengabadikan momen berharga.

Lalu, bagaimana supaya bisa mengoptimalkan media sosial dengan cerdas? Simak ulasannya berikut ini.

2 dari 5 halaman

1. Mempromosikan Bisnis

Menjamurnya e-commerce atau bisnis online di Tanah Air tak lepas dari peran penting media sosial. Yup, banyak yang memanfaatkan Instagram, YouTube, hingga Facebook sebagai salah satu platform promosi yang tepat untuk menggaet calon pembeli.

Semakin banyak pengikut di media sosial, makin besar pula kesempatan untuk mendapat pelanggan baru. Personal branding untuk bisnis yang akan dijalain juga sebaiknya dilakukan secara terencana. 

Supaya bisnis yang kamu tekuni punya ciri khas tertentu yang membuat konsumen tak ingin beralih ke kompetitor.

3 dari 5 halaman

2. Sebagai Tempat Menyimpan Portofolio

Jika bekerja di bidang industri kreatif, media sosial juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan hasil pekerjaan. Yup, portofolio di medsos dapat memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang sangat mencintai pekerjaan dan profesional.

Salah satu keuntungan menyimpan portofolio di media sosial adalah lebih mudah diakses dan tidak rentan kehilangan data-data pribadi yang sifatnya penting. Oleh karena itu, jangan malas untuk selalu memperbarui portofoliomu ya!

4 dari 5 halaman

3. Menjalin Relasi Baru

Menjalin relasi baru bukanlah sebuah hal yang buruk. Apalagi, dengan memanfaatkan berbagai media sosial yang tersedia saat ini. Setidaknya, kamu bisa mengenal publik figur, teman satu profesi, atau sahabat yang punya kesamaan minat dan hobi.

Nah, itu tadi beberapa cara mengoptimalkan media sosial untuk hal-hal positif. Ingin tahu tips lengkapnya? Saksikan video di bawah ini atau kunjungi kanal NGOBI yang ada di platform streaming Vidio.

5 dari 5 halaman

Saksikan videonya berikut ini