Sukses

Samsung Umumkan Uji Coba Beta One UI 3.0

Liputan6.com, Jakarta - Menyusul pengumuman Galaxy Note 20, Samsung juga meluncurkan program beta baru untuk tampilan antarmuka One UI. Menurut laporan XDA Developers, program beta baru ini ditujukan untuk One UI 3.0 berbasis Android 11.

Dikutip dari Android Central, Kamis (6/8/2020), uji coba beta untuk One UI 3.0 ini masih bersifat tertutup. Karenanya, pengguna yang tertarik harus mendaftar terlebih dulu.

Saat ini tahap beta baru dibuka untuk pengguna Galaxy S20, Galaxy S20 Plus dan Galaxy S20 Ultra. Sementara cakupan wilayah yang mendukung program ini baru Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Dalam pengumumannya, Samsung menegaskan dalam tahap ini, perusahaan menargetkan uji coba bagi para pengembang. Untuk itu, uji coba ini mengharuskan pengguna terdaftar sebagai 'Samsung Partner Developer'.

Meski masih terbatas di di dua negara, Samsung menjanjikan akan menghadirkan uji coba beta ini ke lebih banyak negara, seperti Tiongkok, Jerman, India, Polandia, dan Inggris. Namun perusahaan tidak mengungkap jadwal kehadiran untuk tiap negara.

Sebelumnya, Samsung juga mengatakan ada peningkatan pembaruan software untuk perangkat besutannya. Sebab mulai saat ini, Samsung menjanjikan seri premium besutannya akan mendapatkan tiga kali pembaruan sistem operasi, dari sebelumnya hanya dua kali.

Pembaruan ini nantinya juga berlaku untuk seri sebelum Galaxy Note 20, seperti Galaxy S10, Galaxy S20, dan Galaxy Note 20. Dengan kata lain, seri premium Samsung dipastikan akan selalu mendapatkan seri Android termutakhir yang digulirkan, setidaknya hingga tiga tahun setelah perangkat rilis.

2 dari 3 halaman

Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra Resmi Diumumkan

Samsung akhirnya secara resmi mengungkap flagship smartphone teranyarnya, seri Galaxy Note 20 di acara Unpacked 2020, Rabu (5/8/2020).

Berbeda dari acara Unpacked tahun sebelumnya, acara kali ini digelar Samsung secara online atau live streaming.

Seperti peluncuran Galaxy Note tahun lalu, kali ini Samsung hanya memperkenalkan dua model seri phablet teranyarnya, yaitu Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra.

"Kami secara resmi meperkeanlkan Galaxy Note terbaru kami, yakni Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra. Perangkat yang sangat powerful, mampu bekerja seperti komputer dan bermain seperti konsol gim," tutur President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics TM Roh dalam event Unpacked 2020. 

Sesuai dengan bocoran di internet, Galaxy Note 20 versi standar akan hadir dengan layar berukuran 6,7 inci, 1080p, dan memiliki refresh rate 60Hz.

Sementara pada Galaxy Note 20 Ultra, Samsung menggunakan layar berukuran 6,9 inci, 1440p, dan refresh rate 120Hz--seperti Galaxy S20.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi dan Kamera Galaxy Note 20

Samsung memilih untuk menyematkan kamera 108MP (megapiksel) untuk versi flagship Galaxy Note 20, 12MP (ultra wide), 12MP (telephoto).

Sementara, varian standarnya hanya 12MP (wide), 12MP (ultrawide), dan 64MP (portrait/telephoto).

Tak hanya itu, Samsung juga hanya menyertakan S Pen berkemampuan respon 26ms (milisecond) untuk Galaxy Note 20 ketimbang 9ms yang baru di seri Ultra.

Dalam hal spesifikasi, Galaxy Note 20 Ultra dan Galaxy Note 20 hadir dengan prosesor Exynos 990 7nm dan RAM LPDDR5.

Galaxy Note 20 akan memiliki baterai 4.300mAh, memori 256GB (tidak ada dukungan microSD untuk yang ini), dan RAM 8GB.

Sedangkan untuk varian Galaxy Note 20 Ultra, Samsung menghadirkan dua pilihan, yaitu RAM 8GB/256GB, dan RAM 8GB/512GB dan bisa ditambah kapasitasnya dengan microSD.

(Dam/Why)