Sukses

Pengguna Akun Premium Spotify Kini Bisa Dengarkan Lagu Bersama Orang Lain

Liputan6.com, Jakarta - Spotify baru saja diketahui berencana untuk merilis fitur baru yang diberi nama Group Session. Meski masih berada dalam tahap beta, fitur ini memungkinkan pemilik akun Premium mendengarkan konten secara bersama-sama dengan pemilik akun lain di saat bersamaan.

Dikutip dari The Verge, Kamis (30/7/2020), fitur ini dapat digunakan dengan pengguna yang berada di lokasi berbeda. Jadi, satu pemilik akun Premium dapat berbagi tautan dengan akun lainnya agar bisa mendengarkan konten secara simultan.

Nantinya, pengguna Spotify dapat berbagi link hingga maksimal lima orang, tapi dengan syarat seluruhnya merupakan pemilik akun Premium. Konten yang didengarkan tidak hanya lagu, melainkan juga podcast.

Pengguna yang berbagi link akan dapat mengatur konten yang sedang diputar, mulai menyetel, menyetop, bahkan menjeda lagu dalam daftar putar. Dengan kata lain, pemilik yang berbagi link ini berperan sebagai host untuk teman-temannya yang lain. 

Namun fitur ini tidak mendukung fungsi chat. Karenanya, komunikasi antara pengguna yang berada dalam satu tautan perlu memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Bagi pengguna yang ingin memulai sebuah sesi, mereka tinggal menekan menu Connect yang ada di pojok bawah layar. Lalu, mereka dapat memilih 'Start a group session' untuk mulai berbagi tautan yang dapat dikirimkan melalui media sosial atau aplikasi chatting.

Untuk sekarang, fitur ini masih berada dalam tahap beta dan belum diketahui kapan akan rilis untuk seluruh pengguna. Kendati demikian, Spotify mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan kemampuan fitur ini seiring berjalannya waktu.

2 dari 3 halaman

Spotify Rilis Paket Premium Duo dengan Tarif Rp 60 Ribuan

Sebelumnya, Spotify baru saja merilis paket berlangganan baru bernama Premium Duo. Melalui paket ini, dua akun bisa berbagi satu paket langganan.

Dilansir dari GSM Arena, Kamis (2/7/2020), paket ini pada dasarnya merupakan versi duo dari paket Family di Spotify.

Paket Premium Duo ini dibanderol USD 13 per bulan dan Spotify tidak akan menggabungkan preferensi musik kedua akun, sehingga masing-masing akan tetap bisa menikmati konten kesukaannya.

Premium Duo memiliki cara kerja sama seprti paket Family, yakni kedua akun harus memiliki alamat rumah yang sama.

Paket baru ini juga memiliki fitur Duo Mix. Ini merupakan playlist yang dikurasi dari berbagai hal yang disukai kedua akun, sehingga bisa saling menikmati musik yang sama. 

3 dari 3 halaman

Spotify Indonesia

Paket Premium Duo juga sudah tersedia di Indonesia. Hal ini diketahui dari keterangan di laman Spotify.

Paket duo ini dibanderol Rp 64.990 per bulan di Indonesia. Sama seperti paket premium lain, pengguna bisa mendengarkan musik tanpa iklan, mode offline, dan memiliki playback berdasarkan permintaan.

(Dam/Isk)