Sukses

Pengguna Dapat Sebarkan Tautan Panggilan Grup di Google Duo

Liputan6.com, Jakarta - Google Duo baru saja dipastikan kehadiran fitur anyar. Kali ini, aplikasi video call itu mendukung tautan undangan yang dapat dibagikan dengan orang lain saat ingin membuat panggilan grup.

Kehadiran fitur ini membuat layanan Google Duo kian kompetitif dengan layanan serupa, seperti Zoom. Meski perlu diketahui, aplikasi Duo saat ini lebih ditujukan untuk perangkat mobile dan konsumen biasa.

Dikutip dari The Verge, Selasa (9/6/2020), kehadiran fitur ini sebenarnya udah diungkap sejak bulan lalu. Fitur tautan undangan ini diperkenalkan bersama dengan rencana Google Duo mendukung tampilan web lebih optimal, yang saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Dengan fitur ini, pengguna yang ingin mengundang orang lain bergabung dalam sebuah panggilan grup tinggal membagi tautan yang tersedia. Hanya perlu diingat, tautan itu baru tersedia setelah grup dibuat.

Untuk sekarang, fitur ini hanya mendukung pemakaian di aplikasi mobile, seperti Android dan iOS. Karenanya, pengguna yang membuka tautan itu melalui situs web tidak dapat mengaksesnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, Google memang tengah meningkatkan kemampuan Duo secara bertahap. Hal itu tidak lepas dari meningkatnya pemakaian layanan video call selama pandemi Covid-19 sekarang ini.

Sebelumnya, Google Duo hadir dengan peningkatan kualitas audio panggilan melalui codec AV1. Selain itu, aplikasi video call ini juga sudah mendukung panggilan grup hingga 12 orang.

2 dari 3 halaman

Google Duo Siap Dukung Panggilan Grup Hingga 32 Orang

Sebelumnya, Google Duo juga dilaporkan berencana menambah jumlah orang yang dapat berpartisipasi dalam panggilan grup melalui layanannya. Menurut informasi, Google kini sedang mempersiapkan kehadiran fitur ini.

Dikutip dari Android Police, Senin (11/5/2020), Google mengatakan dengan penambahan ini, jumlah partisipan yang dapat bergabung di Duo menjadi 32 orang. Jumlah ini jauh meningkat dari kemampuan yang dimilikinya sekarang.

Pada Maret 2020, Google memang menambah jumlah partisipan Duo dari 8 menjadi 12 orang. Lalu akhir April 2020, perusahaan sempat mengatakan akan menambahkan jumlah kembali.

Oleh sebab itu, penambahan jumlah partisipan ini disebut adalah rencana Google meningkatkan kemampuan Duo yang diumumkan akhir bulan lalu. Namun Google belum mengungkapkan kapan fitur ini akan mulai digulirkan.

Keputusan untuk menambah jumlah partisipan hingga 32 orang ini menyusul informasi yang sebelumnya menyebut Google Duo kini memungkinkan pengguna melakukan pangilan video grup dari peramban Chrome.

Dengan kombinasi tersebut, kemampuan Google Duo jelas jauh meningkat dan dapat menjadi pesaing kuat layanan serupa, seperti Zoom dan Skype.

3 dari 3 halaman

Google Duo Izinkan Pengguna Lakukan Group Call dari Browser Chrome

Tidak hanya itu, Google Duo juga mengizinkan pengguna melakukan group video call melalui browser Chrome. Demikian sebagaimana diumumkan oleh Google.

Kemampuan group video call dari peramban Chrome ini bakal memudahkan pengguna saling terhubung satu sama lain di tengah pandemi Covid-19 ini.

Meski pengguna melakukan group video call dari browser, mereka tetap harus login ke akun Google untuk bisa saling terhubung dalam panggilan.

Mengutip laman The Verge, Minggu (10/5/2020), fitur ini bakal segera hadir di Chrome dalam beberapa minggu ke depan.

Tidak hanya kemampuan group video call lewat browser, Google juga memberikan update family mode versi baru di Google Duo. Modus ini memungkinkan pengguna untuk menggambar di layar dan bisa disaksikan bersama oleh seluruh partisipan.

"Duo akan menghilangkan tombol-tombol untuk mute dan mematikan panggilan ketika pengguna sedang berada di family mode. Dengan begitu, para pengguna bisa menggambar bersama, tanpa perlu terpencet tombol matikan panggilan," kata Google.

Family mode tersedia ketika pengguna memakai Duo dan signin pada akun Google mereka.

(Dam/Why)