Sukses

Kabayan Hingga Nyi Roro Kidul Hadir di Gim Baru Garena

Liputan6.com, Jakarta - Garena Indonesia merilis gim mobile baru dengan budaya lokal Indonesia, yaitu Fantasy Town. Gim farming simulator ini menghadirkan banyak unsur Indonesia dengan tujuan melestarikan budaya melalui permainan.

Garena menghadirkan berbagai karakter dari cerita rakyat, termasuk Kabayan dan Nyi Iteung dari Jawa Barat. Selain itu juga terdapat karakter legenda ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul, di dalam gim terbaru ini.

"Kami harap dengan mengenalkan karakter cerita rakyat melalui sebuah gim farming jauh lebih efektif, mengingat cerita rakyat yang menjadi akar budaya Indonesia mungkin sudah jarang diminati oleh anak-anak zaman sekarang," ujar Produser Fantasy Town, Edmundo Swidoyono, dalam keterangan resminya, Senin (8/6/2020).

Peluncuran Fantasy Town juga mendapat respons positif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Dalam masa kita menghadapi dampak pandemi Covid-19 di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, digitalisasi menjadi makin terakselerasi. Gim mobile sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif, khususnya pengembangan gamifikasi, rasanya cukup efektif untuk memperkenalkan budaya dan cerita rakyat melalui sebuah gim mobile, yang belakangan ini menjadi primadona," tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishutama.

"Kami harapkan kedepannya semakin banyak pengembang gim yang mengangkat dan memperkenalkan cerita rakyat Indonesia, sejalan dengan gerakan Bangga Buatan Indonesia," kata Wishnutama.

2 dari 3 halaman

Praregistrasi

Karakter Nyi Roro Kidul, skin Kabayan dan Nyi Iteung bisa didapatkan secara gratis oleh pengguna dengan melakukan praregistrasi dan pendaftaran melalui fantasytown.co.id.

Seluruh pemain yang telah mendaftar di masa praregistrasi, akan menerima sejumlah hadiah in-game berdasarkan total pemain yang ikut melakukan praregistrasi. Dalam acara ini, selain Roro Kidul, Kabayan dan Nyi Iteung, pemain juga bisa mendapatkan hadiah tambahan yang terdiri dari 1.000 gold, rare summon scroll x3, dan 100 ruby.

3 dari 3 halaman

Fantasy Town

Fantasy Town adalah gim online yang mengajak pemain untuk bercocok tanam, membangun kota impian, hingga berpetualang menjelajahi tempat-tempat baru, serta melawan berbagai monster. Gim ini dikembangkan oleh Arumgames dan akan dirilis oleh Garena Indonesia di App Store dan Playstore.

Pemain dapat berinteraksi dengan pemain lain dan mendapatkan banyak keuntungan, seperti berdagang dan membantu teman untuk berkembang bersama.

Bagi para pemain yang menyukai tantangan, mereka dapat mengumpulkan pahlawan atau karakter di dalam gim untuk menjelajahi area misterius dan menaklukkan berbagai monster di dalamnya. Kemudian, pemain akan menerima hadiah in-game yang bisa digunakan untuk membangun kota lebih besar lagi.

(Din/Why)