Sukses

Unboxing Realme X3 SuperZoom: Smartphone 4 Kamera dengan 60x Zoom

Liputan6.com, Jakarta - Realme X3 SuperZoom akan menjadi flagship smartphone terbaru dari Realme yang meluncur di pasar Indonesia. Bisa dibilang, Realme telah mengambil langkah berani di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini untuk memboyong smartphone itu.

Di pasar Eropa, smartphone ini telah meluncur lebih dulu pada 26 Mei lalu dengan banderol harga USD 499 Euro. Perwakilan Realme di Indonesia telah mengonfirmasi bahwa smarpthone ini akan meluncur di Tanah Air pada pekan depan, tepatnya pada 16 Juni.

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal unit Realme X3 SuperZoom sebelum tanggal peluncurannya di Indonesia.

Selain satu unit Realme X3 SuperZoom, 30W Dart Charger, dan USB Type-C Cable, di dalam kotak juga terdapat Protecting Case, Protecting Film (sudah terpasang), SIM Card Ejector, buku panduan, dan buku garansi.

Di artikel unboxing kali ini, kami akan menjelaskan secara singkat kesan pertama kami menggunakan Realme X3 SuperZoom selama beberapa hari.

Dapur Pacu

Realme X3 SuperZoom. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Qualcomm Snapdragon 855 berarsitektur 7nm menjadi dapur pacu dari Realme X3 SuperZoom. Secara teoretis, chipset ini dapat menangani berbagai jenis aktivitas yang melibatkan smartphone mulai dari yang ringan hingga berat sekalipun.

Chipset ini dipadukan dengan paduan RAM dan memori internal berkapasitas besar, yakni 12GB + 256 GB. Kami memainkan beberapa gim seperti Asphalt 9, Shadowgun Legends, dan Metal Madness PvP tanpa hambatan sama sekali. Selain itu, multitasking beberapa aplikasi sekaligus juga dapat berlangsung tanpa kendala.

Aplikasi Realme Link di Realme X3 SuperZoom dan Realme Band. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Satu teknologi lainnya yang membuat Realme X3 SuperZoom layak mendapat label flagship adalah refresh rate 120Hz. Singkat kata, dengan refresh rate tersebut, layar Realme X3 SuperZoom mampu menghasilkan 120 frames per detik, sehingga menawarkan pengalaman mulus pada setiap sentuhan layar. 

2 dari 4 halaman

Quad Camera

Beralih ke kamera, Realme X3 SuperZoom dibekali dengan empat lensa kamera utama di bodi belakang dan dua lensa kamera depan.

Keempat lensa kamera utama itu berjejer secara vertikal dengan konfigurasi sebagai berikut:

  • 8MP lensa periskop
  • 2MP lensa makro
  • 64MP lensa utama
  • 8MP lensa sudut lebar

Adapun lensa periskop, ia dilengkapi dengan teknologi 60x Zoom (digital) dan 5x Zoom (optical).

Ada pula mode yang dapat membantu pengguna untuk menangkap bintang di langit malam, yakni Starry Mode. Mode ini didukung oleh kecerdasan buatan dan bertumpu pada fungsi lensa kamera 64MP dan lensa periskop.

Tampilan Antarmuka Aplikasi Kamera di Realme X3 SuperZoom. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Selain itu, ada satu mode lainnya yang tak kalah menarik, yaitu Nightscape 4.0. Sama seperti Starry Mode, ia juga ditopang oleh kecerdasan buatan yang dapat mengenali objek apa yang sedang dibidik dan dengan cerdas mode ini dapat memilih antara mode Super dan Ultra Nightscape Mode di malam hari dan kondisi minim cahaya lainnya untuk menangkap foto lebih baik. 

3 dari 4 halaman

Baterai dan Pengisian Daya Cepat

Untuk mendukung pemakaian sehari-hari, Realme X3 SuperZoom dibekali dengan teknologi pengisian daya cepat 30W Dart Flash Charge. Ia dapat mengisi baterai Realme X3 SuperZoom yang berkapasitas 4.200 mAh hingga penuh dalam waktu kurang dari sejam, tepatnya 55 menit.

Charger dan Kabel USB Type-C untuk Realme X3 SuperZoom. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Di samping itu, Realme X3 SuperZoom juga mendukung teknologi Power Delivery Charge. Ia merupakan standar terbuka untuk teknologi pengisian daya cepat melalui kabel USB Type-C, tetapi pabrikan boleh memodifikasi standar itu sesuai dengan kebutuhannya.

4 dari 4 halaman

Desain dan Warna

Sekilas, Realme X3 SuperZoom mengusung desain yang tidak jauh berbeda dari smartphone seri X perusahaan yang telah dirilis sebelumnya.

Namun, desain Realme X3 SuperZoom yang memiliki dua pilihan warna, yakni Arctic White dan Glacier Blue, disebut terinspirasi dari Kutub Utara. Unit yang kami ulas saat ini berwarna Glacier Blue seperti tampak di bawah ini.

Realme X3 SuperZoom. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Setelah pemakaian beberapa hari, Realme X3 SuperZoom secara umum berhasil memunculkan kesan positif. Terus pantengin Tekno Liputan6.com untuk mengetahui berapa harga jual Realme X3 SuperZoom di Indonesia, bagaimana performanya secara mendalam, seperti skor hasil pengujian Benchmark, hasil foto, dan beberapa aspek pengujian lainnya di artikel review mendatang.