Sukses

Trio Galaxy S20 Usung Fitur Space Zoom, Apa Itu?

Liputan6.com, San Francisco - Samsung sudah resmi mengumumkan tiga smartphone teranyar mereka, yakni Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra.

Hadir sebagai seri premium terkini, perusahaan asal Korea Selatan tersebut menyematkan sejumlah teknologi terkini. Salah satunya di sektor kamera.

Berbekal sensor kamera yang memiliki resolusi tinggi, Samsung juga menyematkan sebuah fitur baru di ketiga smartphone, yakni Space Zoom.

Dijelaskan oleh Head of Product Marketing Mobile Samsung Indonesia, Denny Galant, Space Zoom merupakan kombinasi dari Hybrid Optic Zoom dan Super Resolution Zoom yang dibantu oleh kinerja AI.

Berbekal teknologi Space Zoom ini, Galaxy S20 dapat melakukan zoom dari jarak jauh. Dengan kemampuan zoom 30x pada Galaxy S20 dan S20+.

Sementara untuk Galaxy S20 Ultra, lensa lipat revolusioner di smartphone yang berbasis AI dan multi-image processing ini mampu mengurangi penurunan kualitas gambar pada zoom tingkat tinggi.

Dengan ini, Samsung mengklaim pengguna bisa mendapatkan pengalaman Super Resolution Zoom hingga 100X dengan tampilan yang lebih jelas dibandingkan sebelumnya.

Perangkat ini juga mendukung quick crop, di mana pengguna bisa men-zoom hasil foto dan memotongnya, namun hasil akhirnya tetap memiliki kualitas tinggi.

2 dari 3 halaman

Perekaman Video 8K

Penampakan Galaxy S20. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Selain itu, peningkatan kamera juga diboyong ke kemampuan perekaman video. Samsung menyebut kamera di Galaxy S20 memiliki kemampuan layaknya kamera profesional. 

Hal ini dibuktikan dengan Galaxy S20 series yang memungkinkan perekaman video 8K. Pengguna juga bisa mengubah resolusi video yang direkam ke 4K, Full HD, atau HD. Pengguna bisa membagikannya langsung ke Samsung 8K TV ataupun mengunggahnya di YouTube.

Saat perekaman 8K, video diambil dengan kualitas 33MP. Pada saat yang sama, pengguna juga bisa meng-capture foto saat perekaman dilakukan, juga dengan kualitas gambar yang sangat tinggi.

Samsung juga meningkatkan kemampuan perekaman video Super Steady dan Night Hyperlapse miliknya.

 

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Trio Galaxy S20

Trio Galaxy S20. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Dari sisi prosesor, Galaxy S20 series didukung oleh prosesor flagship terbaru milik Samsung, yakni Exynos 990. Dengan prosesor Exynos 990 ini, peningkatan kinerja CPU 25 persen dibandingkan chipset generasi sebelumnya.

Sementara GPU-nya meningkat 15-20 persen dan kemampuan NPU meningkat 4 kali lipat dibandingkan sebelumnya.

Hal ini untuk mendukung kemampuan multitasking dan mengaktifkan beberapa sensor sekaligus. Salah satu penggunaannya adalah saat mengaktifkan fitur Single Take.

Exynos 990 jugalah yang mendukung pemrosesan RAM LPDDR5 yang meningkatkan kecepatan transfer data hingga 30 persen.

Untuk RAM, Galaxy S20 series dibekali RAM 8GB dan 12GB. Sementara ruang penyimpanan internalnya bervariasi, mulai dari 128GB, 256GB, dan 512GB.

Sayang, untuk Indonesia Samsung hanya menghadirkan semuanya dalam satu opsi memori 128GB. Namun perangkat tetap didukung slot MicroSD hingga 1TB.

(Tin/Ysl)

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Mencoba Mode Kamera Single Take di Galaxy S20, Fitur Kesukaan Dian Sastrowardoyo
Artikel Selanjutnya
XL Tawarkan Bundling Trio Samsung Galaxy S20 dengan Paket Kuota Khusus