Sukses

Samsung Resmi Umumkan Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra

Liputan6.com, San Francisco - Samsung resmi mengumumkan flagship smartphone terbarunya yakni Galaxy S20 series di The Palace of Fine Arts, San Francisco, California, Amerika Serikat, Rabu (12/2/2020) pagi, waktu setempat.

Sesuai dengan bocoran sebelumnya yang banyak beredar di dunia maya, Samsung mengungkap penamaan seri smartphone terbarunya menjadi Galaxy S20.

Seperti trio Galaxy S10 yang diluncurkan tahun lalu, Galaxy S20 series hadir dalam tiga smartphone berbeda, yakni Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan versi paling tinggi yakni Galaxy S20 Ultra.

"Kami dengan bangga memperkenalkan smartphone terbaru, smartphone dengan kamera terbaik dan kemampuan optimasi saat memakainya. Kami perkenalkan Galaxy S20," tutur President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics Dr. TM Roh saat Galaxy Unpacked 2020, Rabu (12/2/2020), waktu Indonesia.

Ketiganya memiliki spesifikasi yang mirip tetapi tidak sama satu dengan lainnya, baik dari segi ukuran dan dimensi, kamera, sampai ke kapasitas RAM dan baterai.

Dalam ajang Galaxy Unpacked 2020, Samsung menyebut, pihaknya mendesain ulang tampilan perangkat.

Salah satu yang didesain ulang adalah ukuran lubang kamera selfie di layar kini tampil lebih kecil. Hal ini dilakukan agar layar tampak lebih lebar. Bezel pun dibuat makin minim.

Selain itu, penempatan kamera utama di bodi perangkat tak lagi disusun secara horizontal seperti pada Galaxy S10 series.

Jika dilihat, susunan kamera trio Galaxy S20 serupa dengan kamera di Galaxy A71 dan Galaxy A51.

Bicara kamera, Galaxy S20 series disebut-sebut hadir dengan sejumlah peningkatan kemampuan. Salah satunya bahkan memiliki kamera beresolusi 108MP dan kemampuan zoom hingga 100 kali.

2 dari 3 halaman

Kemampuan Kamera Seri Galaxy S20

Trio Galaxy S20. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Samsung menyadari, selain dukungan terhadap jaringan 5G yang sudah hadir di banyak negara, kemampuan kamera menjadi sebuah hal yang selalu jadi alasan orang saat membeli smartphone.

Untuk itu, Galaxy S20 series hadir dengan berbagai fitur baru di kamera. Salah satu yang paling tampak adalah kehadiran fitur Single Take pada segmen kamera di Galaxy S20 series.

Single Take memungkinkan pengguna mengambil 10 foto dan 4 video dalam satu kali pengambilan gambar. Tak hanya itu, masing-masing smartphone hadir dengan resolusi kamera utama yang makin tinggi.

Misalnya, Galaxy S20 an Galaxy S20 Plus memiliki sensor kamera utama 64MP. Sementara, Galaxy S20 Ultra memiliki sensor kamera utama 108MP. Pemrosesan hasil foto dilakukan dengan teknologi baru bernama Nona Binning dan Remosaic.

 

3 dari 3 halaman

Konektivitas 5G

Galaxy S20. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Galaxy S20 hadir dalam jaringan 5G untuk pengguna di berbagai negara. Sayangnya, di Indonesia jaringan 5G belum diterapkan, jadi Samsung memilih untuk membawa hanya versi 4G untuk Indonesia.

Meski begitu sebenarnya perangkat ini sudah didukung teknologi LTE Cat20 yang membuat kecepatan download mencapai 2Gbps.

Ketiganya didukung pengisi daya cepat 25 watt. Namun Galaxy S20 Ultra dibekali dengan dukungan pengisian daya cepat hingga 45 watt.

Galaxy S20 series juga didukung berbagai sensor. Salah satunya adalah sensor fingerprint ultrasonic yang membuat keamanan perangkat lebih terjamin.

Ketiganya juga didukung dengan penguncian smartphone berbasis pattern atau pola, biometrik, hingga face recognition.

Perangkat ini juga sudah dibekali sertifikat IP68 untuk melindungi perangkat dari air.

(Tin/Dam/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Samsung Mulai Produksi Massal RAM 16GB untuk Smartphone
Artikel Selanjutnya
Samsung Galaxy M31 Rilis, Punya Baterai 6.000mAh dan 4 Kamera Utama