Sukses

Zola Hero, Powerbank 10.000mAh dengan Sistem Triple Fast Charging

Liputan6.com, Jakarta - PT Zola Indonesia menghadirkan powerbank Zola Hero yang memiliki kapasitas 10.000mAh.

Canggihnya, powerbank ini dilengkapi triple fast charging system yang diklaim aman untuk smartphone dan gadget lainnya.

Secara fisik, Zola Hero memiliki berbagai opsi untuk pengisian daya sejumlah perangkat, yakni USB Fast Charging dan USB Type-C. Sementara untuk input daya ke powerbank dapat dilakukan dengan port Micro-USB dan USB Type-C.

Tekno Liputan6.com menjajal powerbank Zola Hero selama seminggu. Bagaimana pengalaman menggunakan powerbank ini?

Dari segi desain, Zola Hero memiliki tampilan yang mirip dengan powerbank lain, salah satunya powerbank milik Huawei.

Powerbank Zola Hero 10.000mAh (kanan) dan powerbank milik Huawei hadir dengan desain yang mirip. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Meski begitu, bobot powerbank Zola Hero jauh lebih ringan untuk powerbank berkapasitas 10.000mAh. Hal ini salah satunya karena bodinya yang terbuat dari material plastik, bukan metal.

Ketika digenggam, Zola Hero juga tidak terlalu besar dan cukup nyaman saat dibawa.

Masih pada bodinya, perangkat ini dibekali dengan triple fast charging system, mulai dari 2,4A Fast Charge, Fast Charging 3.0 dari Qualcomm, dan support USB PD (Power Delivery).

Perangkat ini juga sudah dilengkapi standar keamanan internasional. Hal ini dibuktikan dengan sertifikat dari CE, FCC, dan RoHS.

2 dari 3 halaman

Kemampuan Isi Daya Cepat

Zola Hero 10.000mAH bisa diisi menggunakan kabel USB Type-C dan kabel Micro USB. Kami mencoba untuk mengisi daya dengan kabel USB Type-C sekitar 4-5 jam untuk membuat kapasitasnya penuh.

Selanjutnya, powerbank bisa dipakai seperti biasanya. Kami mencoba mengisi daya tiga perangkat berbeda, yakni Huawei P20 Pro (4.000mAh, yang dibekali pengisian daya cepat 22,5 watt), Xiaomi Mi Note 10 Pro (5.260mAh, dibekali pengisian daya cepat 30 watt), dan Galaxy A8 (3.000mAh, pengisian daya cepat 18 watt).

Saat percobaan isi daya Mi Note 10 Pro, kami melakukan pengisian daya dari 2% - 70% pada pukul 14.57 hingga 16.10 WIB atau sekitar 1 jam lebih 20 menit.

Selanjutnya untuk pengisian daya Huawei P20 Pro, kami mengisi dari 46% ke 69% dalam waktu sekitar 30 menit.

Kemudian, kami mengisi daya Galaxy A8 dari 22% ke 88% dalam waktu satu jam, yakni sejak pukul 16.10 hingga 17.10 WIB.

Pengisian daya ini dilakukan di hari yang sama. Hal ini memperlihatkan bahwa powerbank Zola Hero dengan kapasitas 10.000mAh bisa digunakan hingga tiga kali pengisian.

3 dari 3 halaman

Kelemahan

Meski untuk pengisian daya, Zola Hero terbilang cukup cepat dan bisa dipakai untuk beberapa kali pengisian, kami melihat ada kekurangan yang seharusnya bisa diperbaiki oleh Zola.

Kekurangan yang dimaksud adalah indikator ketersediaan daya pada powerbank Zola Hero, dii mana powerbank ini hanya dilengkapi dengan satu lampu (menyala warna hijau saat powerbank tengah diisi dan warna biru ketika sedang dipakai untuk mengisi daya perangkat).

Sayangnya ketika dipakai untuk mengisi daya, tidak ada indikator berupa persentase yang menunjukkan masih berapa daya yang tersisa. Semuanya hanya ditunjukkan dengan lampu yang menyala warna biru muda.

Makin terang lampu warna biru, artinya daya masih banyak. Sementara ketika daya hanya tinggal sedikit, warnanya berubah jadi redup.

(Tin/Isk)

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online