Sukses

Bukan Gimmick, Ini Lho Kegunaan Penta Kamera 108MP di Xiaomi Mi Note 10

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi merilis smartphone penta kamera 108MP Mi Note 10 Pro di Indonesia. Perangkat ini dibanderol Rp 6,99 juta dan sudah bisa di-preorder secara ekslusif lewat Blibli.com.

Jika diperhatikan, dari waktu ke waktu Xiaomi selalu merilis smartphone dengan kamera yang resolusi kameranya makin besar. Sebelumnya ada 48MP, 64MP, hingga 108MP.

Kali ini resolusi kamera super besar itu dikolaborasikan dengan penta atau lima kamera. Sebenarnya apa keunggulan kamera Mi Note 10 Pro, apa hanya sebatas gimmick?

Dalam presentasinya di hadapan media dan Mi Fans, Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, mempreteli satu per satu kamera Mi Note 10 Pro.

Ia seolah mau memastikan penta kamera 108MP yang diusung perangkat premium itu bukan sekadar gimmick.

Alvin mengatakan, kelima kamera disematkan di smartphone merupakan hasil evolusi teknologi sebagai jawaban atas kebutuhan pengguna yang kian meningkat. Termasuk salah satunya, kebutuhan akan fotografi dan membuat konten.

"Mi Note 10 Pro yang memiliki penta kamera 108MP bisa memudahkan pengguna tanpa harus membawa-bawa kamera DSLR," kata dia di Kawasan SCBD Jakarta, Sabtu (4/1/2020).

Lebih lanjut, Alfin mengatakan lensa besar memungkinkan kamera meng-capture setiap detail dan cahaya. Sehingga, gambar yang ditangkap lebih tajam dan jernih.

2 dari 3 halaman

Penjelasan Penta Kamera Mi Note 10 Pro

Adapun susunan penta kamera Mi Note 10 Pro dari bagian atas, ada lensa telephoto 5MP yang dibekali OIS, 10x hybrid zoom dan aperture f2.0. Seperti namanya, Alvin menyebut, lensa ini dipakai untuk mengambil foto dari jarak jauh dengan kemampuan zoom hingga 50x.

Selanjutnya ada kamera portrait 12MP dengan 2x optical zoom, dual PD, dan aperture f2.0. Seperti namanya, kamera ini untuk menghasilkan foto bokeh.

Kemudian, ada kamera 108MP (aperture f1.69) wide angle dengan sensor 8P lens yang memiliki dukungan Dual OIS. "Dual OIS ini untuk stabilisasi saat mengambil gambar," kata Alvin.

Hasil foto wide angle 108MP dengan kamera Mi Note 10 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

(Hasil foto di atas menggunakan 108MP, namun secara otomatis di-compress saat unggah ke internet)

Hasil foto dengan Mi Note 10 Pro, kamera 108MP namun di-zoom crop. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

(Foto ini adalah foto yang sama dengan di atas, namun hasilnya di-crop fokus pada artis).

Lalu, ada kamera ultra wide-angle 117 derajat dengan resolusi 20MP, didukung kemampuan autofokus dan aperture F2.2.

Terakhir, ada kamera 2MP untuk memotret objek macro.

Alvin mengatakan, ketika pengguna menjepret dengan lensa 108MP, mereka bisa mendapatkan hasil foto wide angle yang tajam. Foto ini kemudian bisa di-zoom crop dan hasilnya bisa sangat detail karena besarnya piksel.

"Kelima kamera membuat pengguna bisa lebih mengekspresikan berbagai kemungkinan, dengan Mi Note 10 Pro, pengguna bisa memotret foto wide angle, portrait, dan zoom," katanya.

3 dari 3 halaman

Kemampuan Perekaman Video Mi Note 10 Pro

Tidak cukup di situ, Alvin juga memamerkan kemampuan pengambilan video dengan Mi Note 10 Pro untuk memudahkan pengguna merekam video.

Pertama dia menyebut fitur shoot steady video. Fitur ini membuat pengambilan video lebih stabil meski dalam kondisi shaking.

Kedua ada kemampuan mengambil video slow motion 960fps dengan lensa makro.

Selanjutnya, Xiaomi menghadirkan mode vlog untuk membantu pengguna yang suka nge-vlog. "Dengan satu klik, video kamu bisa langsung jadi sebuah vlog. Ada tujuh pilihan sinematik dengan berbagai efek," tutur dia.

(Tin/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Sebar Masker dan Peralatan Medis untuk Cegah Penyebaran Virus Corona
Artikel Selanjutnya
Lepas dari Xiaomi, Poco Siapkan 3 Smartphone Anyar