Sukses

Apple Bakal Bundel iPhone 2020 dengan AirPods

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, AirPods masih menjadi aksesoris tambahan yang dirilis Apple dan terpisah dari iPhone. Namun dari laporan terbaru Digitimes, Apple tengah mempertimbangkan untuk mengubah hal tersebut.

Maksudnya, seperti dikutip dari Gizmochina, Senin (2/12/2019), Apple dilaporkan akan membundel AirPods dengan iPhone yang rilis 2020. Dalam laporan itu, Samsung dan Xiaomi juga disebut akan melakukan hal serupa.

Perlu diketahui, Apple sendiri sebenarnya sudah menyertakan EarPods untuk setiap pembelian iPhone. Karenanya, belum dapat dipastikan seperti apa rencana dari perusahaan dengan earphone tersebut.

Kendati demikian, sejumlah analisis menyebut langkah ini diambil sebab Apple ingin memperkuat pasar AirPods. Seperti diketahui, AirPods merupakan earphone nirkabel paling laris dan perusahaan ingin mempertahankan raihan tersebut.

Namun di sisi lain, membundel iPhone dengan AirPods hampir dapat dipastikan akan melambungkan harga smartphone tersebut. Sebab, AirPods sendiri saat ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 2 jutaan.

Untuk saat ini, Apple memang tidak berkomentar apapun mengenai rencana tersebut. Oleh sebab itu, menarik menunggu untuk rencana perusahaan untuk produk yang diperkenalkan tahun depan.

Akan tetapi, terlepas dari kabar ini, Apple sendiri baru saja memperkenalkan AirPods Pro. Sesuai namanya, AirPods ini hadir dengan fitur yang lebih mumpuni dari pendahulunya, seperti noise cancelling.

2 dari 3 halaman

Apple Umumkan AirPods Pro

Untuk diketahui, Apple resmi menjual AirPods Pro dengan harga USD 249 di Amerika Serikat (AS). AirPods Pro tersedia di 25 negara, termasuk AS.

Produk baru Apple tersebut telah muncul di situs resmi perusahaan. Apple juga melengkapinya dengan video perkenalan dan informasi tentang fitur-fitur barunya.

Dilansir Tech Radar, AirPods Pro memiliki laman sendiri di situs web Apple. Artinya, aksesori tersebut akan diperlakukan sebagai produk sendiri dan bukan pengganti dari AirPods 2019.

Fitur-fitur baru yang ada termasuk noise-canceling dan ketahanan terhadap air IPX4.

GSM Arena menyebut sistem noise-canceling di earphone ini menggunakan dua mikrofon, satu di bagian luar dan satu lainnya di bagian dalam earphones.

Mikrofon eksternal memantau kebisingan dan kemudian membuat sinyal audio terbalik untuk membatalkannya. Sementara mikrofon internal memantau suara di dalam earphones dan secara otomatis menyesuaikan pembatalan kebisingan untu ksetiap telinga berdasarkan jumlah kebisingan yang masuk.

AirPods Pro juga memiliki fitur bernama Transparency, yang pada dasarnya mencampurkan beberapa ambient sound di audio, sehingga pengguna bisa mendengar hal-hal seperti lalu lintas di sekitar ketika berlari, atau pengumuman di bandara.

3 dari 3 halaman

Fitur Lain

Performa AirPods Pro ini disokong prosesor audio H1, yang juga ada pada AirPods generasi kedua. Peningkatan pada chip ini yaitu dalam hal waktu pairing, efisiensi daya tahan baterai, dan fungsi "Hey Siri" secara hands-free.

AirPods Pro hadir dengan tiga set ear tips silikon yang memiliki isolasi suara pasif. Aksesori ini menggunakan sistem vent untuk menyamakan tekanan, sehingga pemakainya merasa nyaman, terutama jika tidak terbiasa dengan in-ear earphones.

Pengguna bisa memiliki dua set AirPods Pro atau AirPods terhubung ke perangkat yang sama atau mendengarkan konten yang sama. Produk ini bisa bekerja dengan wireless charger Qi apa pun, sama seperti iPhone, dan bisa juga dengan kabel Lightning. Apple melengkapi AirPods Pro dengan Wireless Charging Case.

Versi standar AirPods kini bisa dibeli seharga USD 159 atau USD 199 dengan Wireless Charging Case.

(Dam/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Samsung dan Apple Digugat karena Smartphone Besutannya Beradiasi Tinggi
Artikel Selanjutnya
OnePlus Kembangkan Pesaing AirPods dan Galaxy Buds