Sukses

5 Twit Terpopuler Terkait Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019

Dua dari lima twit yang paling banyak mendapat retweet adalah twit dari akun presiden terpilih Joko Widodo.

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan presiden wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin berlangsung hari ini, Minggu (20/10/2019), yang pada awalnya direncanakan mulai pukul 14.30 WIB.

Topik ini menjadi tren di media sosial berbasis mikroblog Twitter dengan beberapa tagar yang narasinya bertolak belakang, yakni #CongratsJokowiAmin dan #MatikanTVSeharian. 

Terpantu, tagar #MatikanTVSeharian terlebih dahulu menjadi tren. Baru kemudian tagar #CongratsJokowiAmin menyusul menjadi tren.

Tagar #CongratsJokowiAmin dan #MatikanTVSeharian jadi trending topic di Twitter jelang pelantikan

Menurut pantauan Drone Emprit Academic, sebuah social media network analysis yang didukung oleh UII Yogyakarta, ada hampir 150 ribu twit yang terekam dari tanggal 13 hingga 20 Oktober 2019 pukul 14.55 WIB.

Grafik volume twit terkait pelantikan presiden dan wakil presiden dan kandidat menteri. Kredit: Drone Emprit Academic

Dua dari lima twit yang paling banyak mendapat retweet adalah twit dari akun presiden terpilih Joko Widodo, tiga twit lainnya adalah twit dari Muhammad Said Didu, Susi Pudjiastuti, dan TirtoID. Berikut bunyi twitnya:

@jokowi:

Foto bersama di undakan tangga istana pada hari kerja terakhir pemerintahan periode 2014-2019.

Terima kasih Bapak Jusuf Kalla, juga segenap menteri kabinet yang telah bekerja bersama saya selama lima tahun terakhir. https://t.co/8w5nzonIm8

 

@susipudjiastuti:

Kabinet kerja: Berfoto bergembira bersama https://t.co/v1GwAbnatE

 

@msaid_didu:

Pak Menteri Kominfo @rudiantara_id yth, daripada menimbulkan masalah, lebih baik PNS, peg BUMN, TNI, POLRI dan keluarga dilarang saja gunakan medsos dan hanya diizinkan membaca berita yg disiapkan oleh pemerintah dg keharusan memuji.

 

@jokowi:

Saya membaca beberapa versi “bocoran” menteri kabinet periode 2019-2024 dengan antusias, kalau-kalau itu benar adalah bocoran😀

Yang jelas, susunan kabinet sudah rampung. Saya umumkan segera setelah pelantikan Presiden pada 20 Oktober, bisa hari yang sama, atau setelahnya. https://t.co/iCePlYHLP8

 

@TirtoID:

Presiden Joko Widodo tidak melibatkan KPK dalam penentuan menteri-menteri yang akan membantunya pada periode kedua pemerintahannya.

Berbeda ya dengan periode sebelumnya. Hehe.

https://t.co/mCVywopt6v

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

#CongratsJokowiMarufAmin Trending Topic

Poster Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Menjelang pelantikan presiden, foto pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mulaih dijual ke pasar umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jelang keduanya dilantik di Gedung Nusantara, Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, warganet pun ramai-ramai mencuitkan selamat di lini masa Twitter.

Pantauan Tekno Liputan6.com, tagar #CongratsJokowiMarufAmin sudah menjadi trending topic.

Di antara cuitan, banyak pengguna Twitter yang mengucapkan selamat kepada Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Seperti dicuitkan pemilik akun @Raemma305, "Saatnya lepas landas! Kita tunjukkan ke dunia bahwa Indonesia adalah bangsa besar yang berdaulat, maju, dan bermartabat."

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini