Sukses

Blibli Ingin Tingkatkan Jumlah Order 3,5 Kali Lipat

Blibli.com ingin menargetkan jumlah pembelian di platform-nya hingga 3,5 kali lipat.

Liputan6.com, Jakarta - Blibli.com genap berusia 8 tahun. Mall online asli Indonesia ini ingin menargetkan jumlah pembelian di platform-nya hingga 3,5 kali lipat.

Upaya tersebut salah satunya dilakukan dengan meningkatkan pengalaman berbelanja melalui berbagai fitur dan inisiatif berbasis teknologi.

Sekadar informasi, saat ini Blibli.com memiliki 16 kategori belanja yang terdiri dari barang kebutuhan sehari-hari, perangkat elektronik, pakaian, kesehatan, tiket, hingga produk UMKM.

Menurut CEO Blibli.com Kusumo Martanto, dari ke-16 kategori belanja, yang paling mengalami pertumbuhan adalah Bliblimart, elektronik (dalam hal ini smartphone), kategori fashion, hingga barang-barang digital.

"Namun secara keseluruhan, setiap kategori tumbuh lebih dari dua kali lipat, selain itu penjualannya juga naik dua kali lipat," tuturnya di acara konferensi pers perayaan ulang tahun Blibli ke-8 di Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (26/7/2019) malam.

Kusumo mengatakan, Blibli.com sendiri kini memiliki sekitar 15-20 juta pengguna aktif bulanan, di mana trafik kunjungan ke web Blibli.com sebanyak 60 juta kunjungan per bulannya.

Di usia ke-8, Kusumo mengatakan, Blibli.com ingin meningkatkan jumlah pembelian di platform-nya hingga 3,5 kali lipat ketimbang tahun sebelumnya, terutama untuk produk UMKM.

"Target nomor satu kami adalah meningkatkan jumlah pembelian. Kalau saat ini shopping chart paling tinggi adalah untuk barang premium, kami ingin meningkatkan jumlah order juga untuk produk UMKM," kata Kusumo.

Ia mengatakan, hal ini karena harga produk UMKM per barangnya cukup terjangkau sehingga ingin lebih banyak konsumen yang membeli produk UMKM.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Jadi Unicorn?

Ketika ditanya mengenai keinginan Blibli.com menjadi startup unicorn, Kusumo mengatakan, bagi Blibli.com, yang terpenting bukan pada besarnya suntikan dana yang didapatkan.

"Bagi kami yang terpenting bukan besarnya, tetapi bagaimana kami bisa menjadi perusahaan yang profitable dan sustainable. Kami ingin tumbuh organik, seperti bayi yang ingin tumbuh sehat," ujar Kusumo.

Salah satu hal yang dilakukan agar Blibli.com bisa meningkatkan jumlah order adalah melalui promosi, bekerja sama dengan merchant pembayaran, logistik, serta meningkatkan jumlah warehouse atau gudang yang saat ini jumlahnya mencapai 20 unit.

"Kami ingin mengembangkan warehouse karena logistik masih jadi pekerjaan rumah di Indonesia. Kami ingin hadirkan warehouse di daerah-daerah, sehingga kalau mau beli bisa lebih cepat mendapatkan barang," ujarnya.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.