Sukses

Layanan Sempat Down, Facebook Minta Maaf

Facebook akhirnya mengaku bahwa layanannya sempat bermasalah dan meminta maaf pada para pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Kemarin malam, seluruh layanan Facebook dilaporkan tumbang secara bersamaan. Layanan tersebut termasuk Facebook, WhatsApp dan Instagram.

Akibatnya, ketiga aplikasi itu tidak dapat diakses puluhan juta pengguna di berbagai negara. Meski kini sudah berfungsi normal, Facebook akhirnya memberi pernyatan resmi terkait masalah tersebut.

Usai dihubungi Tekno Liputan6.com, Senin (15/4/2019), Facebook mengaku bahwa seluruh layanan miliknya memang sempat bermasalah. Karenanya, mereka meminta maaf pada para pengguna.

"Hari ini sebagian pengguna mengalami kendala dalam mengakses family of apps Facebook. Isu tersebut telah kami selesaikan dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," tutur juru bicara Facebook.

Sekadar informasi, negara yang terdampak masalah ini adalah Indonesia, sebagian Asia, Eropa, Hong Kong, India, sebagian Amerika Serikat, Rusia, dan Jepang.

Sebelumnya, dari laporan situs error Down Detector hari Minggu sore, WhatsApp tidak bisa diakses dilaporkan oleh banyak pengguna sejak pukul 17.00 WIB.

Kondisi serupa terjadi pada Instagram. Masih menurut Down Detector, laporan tumbangnya Instagram meningkat tajam selama satu jam terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tagar WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down Trending Topic Dunia

Aplikasi Instagram, Facebook, dan juga WhatsApp, tidak bisa diakses pada hari ini, Minggu (14/4/2019).

Ketiga layanan ini sempat down di beberapa negara. Pantauan Tekno Liputan6.com, baik WhatsApp, Facebook, dan Instagram mulai tumbang sekitar 17.00 WIB.

Berhubung pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp yang banyak, tumbangnya layanan inipun langsung memicu reaksi para pengguna.

Pada saat yang bersamaan, pengguna ketiga aplikasi menumpahkan keluh kesalnya di Twitter. #whatsappdown pun langsung merajai trending topic di Twitter.

Kebanyakan twit dari pengguna bertanya-tanya mengapa layanan mereka bisa tumbang tiba-tiba. Lainnya marah-marah karena tidak dapat mengakses media sosial kesayangan mereka, dan beberapa berkelakar Twitter jadi tempat larinya pengguna tiga layanan tersebut tumbang.

3 dari 3 halaman

WhatApp Web Tidak Bisa Diakses

Pada web.whatsapp.com misalnya, situs tak bisa dibuka sama sekali. Sementara saat menggunakan aplikasi, pesan yang dikirim tidak terkirim ke penerima.

Begitu juga dengan Facebook web yang tak bisa diakses. Sedangkan aplikasi Facebook tidak bisa memuat berbagai notifikasi yang masuk.

Laman Instagram pun mengalami masalah serupa. Kami tak bisa membuka laman Instagram web. Begitu pula dengan Instagram versi aplikasi yang tak bisa dimuat. 

(Dam)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.