Sukses

Facebook Habiskan Rp 318 Miliar Demi Keamanan Mark Zuckerberg

Liputan6.com, Jakarta - Facebook selalu merogoh kantong dalam-dalam untuk membiayai keamanan pendiri sekaligus CEO mereka, Mark Zuckerberg.

Besaran uang untuk menjamin keamanan orang nomor satu di Facebook inipun dilaporkan terus meningkat setiap tahunnya.

Mengutip laman Reuters, Minggu (14/4/2019), Facebook menggandakan jumlah pengeluaran untuk memastikan keamanan Zuckerberg pada 2018.

Total, untuk tahun 2018, jumlah uang yang dikeluarkan untuk menjaga keamanan Mark Zuckerberg mencapai angka USD 22,6 juta atau setara Rp 318 miliar.

Demikian berdasarkan hasil laporan ke otoritas yang bertanggung jawab atas hal ini.

Mark Zuckerberg memang jadi salah satu CEO perusahaan teknologi yang mendapatkan gaji USD 1 selama tiga tahun terakhir. Namun demikian, dia mendapatkan kompensasi dari perusahaan yang paling banyak digunakan untuk memastikan keamanannya.

Dari jumlah tersebut, setidaknya USD 20 juta (Rp 281,8 miliar) habis untuk memastikan keamanan Zuck dan keluarganya. Angka ini naik USD 9 juta (Rp 126,8 miliar) dari pengeluaran keamanan Zuck di tahun 2017.

Zuckerberg juga menerima USD 2,6 juta dari Facebook sebagai pengeluaran untuk jet pribadinya. Menurut Facebook, jet pribadi termasuk dalam bagian program keamanan sang CEO.

2 dari 4 halaman

Dikuntit Orang

Dalam dokumen yang dilaporkan Facebook pada otoritas, tertulis, "Kami percaya peran Mr Zuckerberg membuatnya berada dalam posisi yang unik: Di mana dia disamakan dengan Facebook, sebagai hasilnya, sentimen negatif terhadap perusahaan kami langsung diarahkan ke Mr Zuckerberg."

Lebih lanjut, disebutkan, "Mr Zuckerberg merupakan salah satu petinggi eksekutif paling dikenali di dunia. Sebagian besar sebagai akibat dari basis pengguna kami dan paparan media global, legislatif, dan regulator terhadap Facebook."

Tak heran, Zuckerberg memiliki cukup banyak pegunti. Oleh karenanya, tim keamanan diperintahkan untuk menangani kasus-kasus penguntit ini.

Tidak hanya itu, para penjaga bersenjata berjaga di luar rumah Zuckerberg.

Saat sang CEO hendak pergi ke bar, tim keamanan tersebut sudah melakukan screening di bar tersebut, demi keamanan Zuckerberg.

3 dari 4 halaman

Keamanan COO Facebook

Maret lalu, Business Insider melaporkan tim keamanan Facebook juga menghabiskan dana yang tidak sedikit untuk memastikan keamanan sang Chief Operating Officer Facebook, Sheryl Sandberg.

Total, biaya keamanan yang dikeluarkan untuk keamanan Sandberg mencapai USD 3 juta pada 2018. Belum lagi, lebih dari 70 orang petugas kabarnya diturunkan untuk mengamankan Sandberg.

Sekadar informasi, Sandberg mendapatkan gaji sebesar USD 23,7 juta pada 2018. Angka tersebut sedikit lebih kecil ketimbang gajinya di tahun 2017, yakni USD 25,2 juta.

4 dari 4 halaman

Facebook dan Masalahnya

Selama beberapa tahun terakhir, Facebook menghadapi kemarahan publik atas perannya dalam dugaan keterlibatan Rusia dalam Pemilihan Presiden AS 2016.

Tidak hanya itu, Facebook juga dikecam di seluruh dunia karena kasus penyalahgunaan data yang dilakukan oleh Cambridge Analytica. Facebook dituding memanen data pengguna tanpa persetujuan.

(Tin/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Facebook Bakal Beri Hukuman Bagi Grup yang Suka Sebar Hoaks
Artikel Selanjutnya
Facebook Tunda Rilis Fitur Clear History untuk Pengguna