Sukses

Bos Xiaomi Donasikan Bonus Tahunannya Sebesar Rp 13,6 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri sekaligus CEO Xiaomi Lei Jun, mendapatkan bonus besar tahunan yang akan didonasikan untuk beramal.

Xiaomi mengatakan, Lei Jun menerima lebih dari 636,6 juta saham sebagai bonus untuk kontribusinya selama ini kepada perusahaan. Saham ini diperdagangkan di Hong Kong.

Adapun jumlah bonus tahunan yang diperoleh Lei Jun--menurut harga terkini dari saham Xiaomi, setara dengan HKD 7,54 miliar, atau setara dengan USD 961 miliar. Kalau dirupiahkan, angka tersebut setara dengan Rp 13,6 triliun.

Faktanya belum lama ini, stok saham Xiaomi jatuh di tengah kekhawatiran tentang melambatnya permintaan produk di Tiongkok.

Hal tersebut disebabkan karena persaingan smartphone sejenis, seperti Samsung, Apple, dan saingan dari Tiongkok seperti Huawei, Oppo, dan Vivo.

Meskipun penurunan penjualan Xiaomi menurun, Lei tetap menyumbangkan bonusnya setelah memperhitungan penurunan sahamnya yang masih bernilai 11 miliar, demikian menurut laporan Forbes.

 

 

2 dari 3 halaman

Total Pendapatan Lei Jun

Lalu, berapa jumlah pendapatan yang didapat orang nomor satu di Xiaomi tersebut? Jika dilihat, ternyata jumlahnya sangat besar.

Menurut informasi yang dilansir Tech Node, sebuah dokumen yang diungkap perusahaan menyebut kalau Lei Jun mendapatkan paket kompensasi 10 miliar yuan pada 2018. Kalau dirupiahkan, jumlahnya ada di kisaran Rp 21 triliun!

Salah seorang juru bicara Xiaomi juga membenarkan kalau Lei Jun adalah orang di perusahaan dengan bayaran paling besar.

Selain Lei Jun, jajaran manajemen Xiaomi lain juga mengantongi pendapatan yang tidak sedikit.

(Shintya Alfian/Jek)

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Siapkan SUV Murah, Harga Mulai Rp180 Jutaan
Artikel Selanjutnya
Jadi Orang dengan Bayaran Tertinggi di Perusahaan, Ini Gaji Bos Xiaomi