Sukses

Menkominfo Dorong Peningkatan Kesejahteraan Nelayan Lewat Aplikasi

Menkominfo Rudiantara mendorong agar para nelayan mulai memanfaatkan teknologi saat mencari ikan.

Liputan6.com, Pangandaran - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mendorong agar para nelayan mulai memanfaatkan teknologi saat mencari ikan. Hal itu dilakukan Rudiantara saat bertemu dengan para nelayan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Menurut Rudiantara, dengan memanfaatkan teknologi aplikasi, para nelayan dapat memperoleh informasi yang lebih akurat, sehingga keamanan saat melaut lebih tinggi. Selain itu, mereka juga dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan hasil tangkapan.

"Sebelumnya, bapak-bapak (nelayan) juga sudah mengetahui kalau memang ada perubahan cuaca termasuk informasi lain sebelum melaut. Tapi dengan teknologi baru, bapak-bapak bisa mendapat informasi lebih akurat, mulai dari cuaca hingga ketinggian gelombang," tutur Rudiantara saat berkunjung ke Pangandaran, Selasa (9/4/2019).

Lebih lanjut Rudiantara menuturkan, aplikasi ini dapat membantu nelayan mengetahui lokasi berkumpulnya ikan atau fishing dome. Harapannya, dengan informasi ini, nelayan bisa memperoleh lebih banyak hasil tangkapan.

"Jadi, aplikasi mampu mengetahui posisi plankton, yang mana adalah makanan ikan. Jadi, di tempat tersebut dipastikan tempat berkumpulnya ikan karena memang ada makanan," ujarnya menjelaskan.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nelayan Bisa Pantau Harga Jual Ikan

Tidak hanya itu, dengan aplikasi para nelayan dapat meningkatkan kesejahteraannya karena mampu memantau harga jual ikan secara lebih transparan.

Adapun dalam program Nelayan Go Online di Pangandaran, aplikasi yang disosialisasikan adalah Laut Nusantara dan Aruna.

Sekadar informasi, Nelayan Go Online merupakan program yang sedang digalakkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk mendukung sektor kemaritiman dan kedaulatan pangan.

Selain dari sisi perikanan, Kemkominfo juga mendorong peningkatan dari sisi pertanian. Karenanya, Kemkominfo menargetkan pada akhir 2019 tercapai 1.000.000 Petani dan Nelayan Go Online.

Bersamaan dengan sosialisasi Nelayan Go Online, Rudiantara turut mendorong agar pelaku UMKM di Pangandaran ikut terjun ke pasar online. Dengan memanfaatkan teknologi digital, pelaku UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.