Sukses

Facebook Diselidiki Terkait Kasus Berbagi Data dengan Perusahaan Lain

Jaksa Federal Amerika Serikat (AS) sedang menginvestigasi kasus kriminal, terkait kesepakatan transaksi data yang dilakukan Facebook dengan beberapa perusahaan teknologi besar dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Federal Amerika Serikat (AS) sedang menginvestigasi kasus kriminal, terkait kesepakatan transaksi data yang dilakukan Facebook dengan beberapa perusahaan teknologi besar dunia.

Penyelidikan ini merupakan bentuk peningkatan pengawasan terhadap praktik bisnis Facebook yang beberapa waktu lalu tersangkut skandal kebocoran data pengguna.

Dikutip dari The Guardian, Kamis (14/3/2019), dewan juri New York memiliki catatan subpoena atau panggilan untuk menghadap pengadilan, dari setidaknya dua produsen smartphone dan perangkat-perangkat lainnya. Informasi mengenai hal ini berasal dari dua orang sumber yang dirahasiakan identitasnya.

Menurut sumber, kedua perusahaan yang dimaksud memiliki kerja sama dengan Facebook agar bisa mendapatkan akses luas ke ratusan juta penggunanya.

Keduanya termasuk dalam lebih dari 150 perusahaan, mencakup Amazon, Apple, dan Microsoft, yang bekerja sama dengan Facebook untuk mengakses informasi pribadi para pengguna itu.

"Kami bekerja sama dengan para penyidik dan menangani penyelidikan ini dengan serius. Kami telah memberikan kesaksian publik, menjawab berbagai pertanyaan, dan berjanji akan terus melakukannya," ungkap juru bicara Facebook.

Investigasi ini menambah daftar penyelidikan terhadap Facebook sejak kasus Cambridge Analytica satu tahun lalu, yang menyoroti praktik data dan privasi perusahaan.

Negara Bagian Washington DC menggugat Facebook pada akhir Desember 2018 karena mengizinkan Cambridge Analytica memperoleh data pribadi pengguna tanpa izin.

Kesepakatan berbagi data ini pertama kali dilaporkan oleh New York Times pada Juni dan Desember tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Instagram, Facebook, dan WhatsApp Eror Jadi Topik Populer Dunia

Terlepas dari penyelidikan terhadap perusahaan, tiga media sosial miliknya yakni Instagram, Facebook, dan WhatsApp, sempat tidak bisa diakses oleh sejumlah pengguna selama beberapa waktu pada Kamis (14/3/2019).

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, ketiga layanan tumbang sejak 01.00 WIB dini hari di berbagai negara. Alhasil, pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp pun langsung beraksi.

Saking banyaknya cuitan tentang ketiga layanan itu down, tagar terkait masalah tersebut memuncaki trending topic Twiter di Indonesia hingga global. Tagar yang ramai dicuitkan warganet di Twitter, termasuk #FacebookDown #instagramdown, WhatsApp, dan #InstagramBlackout2019.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.