Sukses

Review Realme 3, Spesifikasi Oke Harga Kurang dari Rp 2 Jutaan

Realme 3 dibanderol kurang dari Rp 2 jutaan namun menawarkan pengalaman yang cukup baik bagi pengguna, seperti apa hasil reviewnya?

Liputan6.com, Jakarta - Realme menghadirkan perangkat terbarunya ke Indonesia yakni Realme 3. Smartphone ini menjadi penerus bagi Realme 2 yang dirilis tahun lalu.

Perangkat ini dibanderol kurang dari Rp 2 jutaan dan menghadirkan performa dan spesifikasi mumpuni.

Tekno Liputan6.com kebagian menjajal singkat Realme 3, berikut adalah hasil ulasan singkatnya.

1. Desain

Realme 3 hadir dengan desain kekinian. Perangkat di bawah Rp 2 jutaan ini menggunakan desain unibodi yang seamless dan nyaman digenggam.

Realme 3 memiliki dua warna gradasi yang disediakan Realme, yakni Dynamic Black dan Radiant Blue.

Tekno Liputan6.com berkesempatan menjajal Realme 3 dengan warna Radiant Blue yang menampilkan warna biru mengkilap di bagian atas dan turquoise mengkilap di bagian bawahnya.

Kehadiran warna gradasi membuat tampilan smartphone lebih indah untuk dilihat.

Gradasi warna Realme 3 di bodi belakangnya (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Secara dimensi, Realme 3 juga terbilang ringan, bobotnya hanya 175 gram dan ketebalan 8,3 mm membuat Realme 3 mudah untuk diselipkan ke kantong.

Sisi kanan Realme 3 terdapat sebuat tombol Power (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Realme 3 memiliki tombol volume dan slot SIM Card di sisi kiri, sementara tombol power di sisi kanan.

Bodi samping kiri Realme 3 terdapat slot SIM card dan tombol volume (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Di bagian belakang ditempatkan kamera ganda yang disusun secara vertikal dan fingerprint scanner di bagian tengah belakang. Di bodi belakang pula terdapat logo Realme.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Layar

Realme 3 menggunakan desain layar dewdrop alias notch yang bentuknya mirip tetes air. Notch ini bisa dibilang merupakan versi pembaruan dari notch pada Realme 2.

Layar depan Realme 3 memiliki notch kecil berbentuk mirip tetesan air (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Layar Realme 3 memiliki ukuran 6,22 inci dengan bezel yang tipis sehingga layar tampak tetap luas, dengan screen to body ratio 88,3 persen untuk tampilan yang lebih baik.

Realme 3 memiliki resolusi yang 720x1520 piksel.

Pada layar Realme 3 juga telah diproteksi oleh pelindung Corning Gorilla Glass 3.

3 dari 6 halaman

3. Spesifikasi

Secara hardware, realme 3 didukung oleh berbagai komponen mumpuni, misalnya prosesor MediaTek Helio P60.

Chipset tersebut mengadopsi proses FinFET 12nm yang lebih hemat daya sebesar 15 persen ketibang prosesor 14nm.

HelioP60 mengadopsi struktur 8-inti dan dilengkapi dengan empat inti Cortex-A53 dan empat inti Cortex-A73, dan kecepatan clock maksimal hingga 2.0GHz.

Dipadukan dengan prosesor di atas, Realme 3 juga mengusung RAM 4GB dan memori internal 64GB yang cukup lega untuk menyimpan file maupun foto.

Realme 3 didukung dengan baterai berkapasitas 4.230mAh. Kapasitas ini cukup besar ketimbang smartphone lain di kelasnya. Baterai ini didukung manajemen daya yang baik dari Helio P60.

Dalam pemakaian normal, Realme 3 dapat bertahan seharian. Sayangnya, Realme 3 masih menggunakan port micro USB dan belum dibekali dengan pengisian daya cepat. Pengisian baterai berkapasitas sebesar inipun jadi butuh waktu lebih lama.

Beralih ke software, Realme 3 didukung oleh sistem ColorOS 6.0 terbaru berbasis Android Pie 9.0. OS tersebut menghadirkan antarmuka layaknya Pure Android dengan operasional geser ke atas, kanan, dan kiri.

Antarmuka Realme 3 dengan Color OS 6.0 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Yang juga jadi kelebihan Realme 3, perangkat ini sudah dibekali dengan fitur keamanan kekinian, yakni fingerprint scanner dan pemindai wajah untuk membuka kunci smartphone

Baik pemindai wajah maupun pemindai sidik jari keduanya membuka kunci smartphone dengan cekatan dan tak butuh waktu lama. 

4 dari 6 halaman

4. Performa

Keberadaan Helio P60 sangat terasa dalam mendongkrak performa ponsel. Selama masa uji, proses transisi antar aplikasi berjalan mulus tanpa hambatan.

Kegiatan bermain gim juga berjalan mulus saat dicoba menjalankan PUBG Mobile. Hasilnya saat baru main kami langsung disarankan menggunakan spesifikasi grafis medium.

Saat dipakai main PUBG perangkat pun tidak lemot, meski baterainya jadi agak panas setelah main sekitar 30 menit.

PUBG di Realme 3 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kami juga melakukan pengujian performa ponsel menggunakan aplikasi benchmark AnTuTu. Berikut adalah hasilnya.

Hasil pengujian AnTuTu benchmark Realme 3 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

5 dari 6 halaman

5. Kamera

Realme 3 dibekali kamera ganda berkemampuan AI alias kecerdasan buatan yang mampu memaksimalkan hasil foto.

Kamera utama Realme 3 memiliki resolusi 13MP dan kamera gandanya 2MP untuk membantu mengambil gambar bokeh. Meski begitu, kamera utamanya memiliki ukuran piksel tunggal sebesar 1,12um.

Hasil foto yang dihasilkan kamera belakang di kondisi terang tampak cerah, terutama jika pengguna mengaktifkan mode Chroma Boost.

Hasil jepretan kamera utama Realme 3 tanpa mode Chroma Boost (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Mode ini juga membantu kamera mengenali objek dan menyesuaikan pengaturan yang tepat untuk gambar yang diambilnya.

Hasil jepretan kamera utama Realme 3 dengan mode Chroma Boost (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sementara kamera depannya juga mengalami peningkatan dengan kamera depan 13MP dengan aperture diperbesar menjadi f / 2.0, ukuran sensor menjadi 1/3 inci, dan ukuran piksel tunggal menjadi 1,12um.

Hasil jepretan kamera selfie Realme 3 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil jepretan kamera selfie dengan mode Portrait Realme 3 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Salah satu kemampuan kamera di Realme 3 adalah Nightscape. Dengan fitur ini, pengguna dapat menangkap foto di malam hari dengan lebih berkat bantuan AI, sinergi multi-frame dan algoritma anti-shake.

Mode Nightscape akan secara signifikan, mengurangi noise dan meningkatkan kualitas hasil foto.

Hasil foto Realme 3 malam hari (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto Realme 3 malam hari menggunakan mode Nightscape (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Perbandingan foto malam hari tanpa dan dengan mengaktifkan mode Nightscape

Hasil foto Realme 3 di malam hari (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Hasil foto Realme 3 di malam hari dengan Nightscape mode (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

6 dari 6 halaman

6. Kesimpulan

Realme 3 yang dibanderol dengan harga di bawah Rp 2 jutaan menghadirkan spesifikasi mumpuni, performa yang baik, serta hasil foto yang cukup baik di kelasnya.

Sejumlah nilai lebihnya antara lain adalah layar 6,22 inci, notch lebih kecil, serta bezel yang tipis.

Realme 3 juga didukung baterai besar untuk menunjang aktivitas penggunanya. Sayangnya baterai besar ini belum dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat sehingga proses pengisian daya pun butuh waktu lebih lama.

Kamera Realme 3 juga jadi nilai lebih buat smartphone besutan vendor Tiongkok ini. Pasalnya fitur AI nya membuat hasil foto jadi lebih baik termasuk saat malam hari berkat mode Nightscape.

Prosesor, RAM, dan memori internal yang diusung pun mampu mendongkrak performa smartphone lebih kencang saat main gim sekaligus hemat baterai.

Di harga kurang dari Rp 2 jutaan, Realme 3 sudah mampu memenuhi kebutuhan pengguna milenial yang senang berfoto, main medsos, nonton video streaming, hingga main gim kelas berat seperti PUBG.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.