Sukses

Survei: Pengguna iOS dan Android Kini Sama-Sama Loyal

Sebuah survei terbaru mengungkap kalau ternyata pengguna iOS dan Android sama-sama loyal dengan sistem operasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Semakin ke sini, platform sistem operasi smartphone dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang terpersonalisasi.

Artinya, sistem operasi hadir untuk memudahkan pengguna dalam kegiatan sehari-hari mereka dengan mudah.

Ambil contoh sistem operasi iOS dan Android, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pun demikian, keduanya tetap memiliki pangsa pasar yang besar.

Sebuah survei terbaru mengungkap kalau ternyata pengguna iOS dan Android sama-sama loyal dengan sistem operasinya.

Survei yang dilakukan Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) ini, mengungkap data bahwa kedua sistem operasi tersebut mengantongi tingkat loyalitas tinggi dari setiap pengguna.

Android, misalnya, memiliki persentase loyalitas sebesar 92 persen. Adapun Apple lebih rendah ketimbang Android, yang mana tingkat loyalitasnya cuma sampai menyentuh 91 persen.

CIRP juga mengungkap kalau peningkatan loyalitas pengguna pada platform Android disebabkan siklus upgrade sistem operasi mereka lebih lama ketimbang iOS.

"Tingkat loyalitas pengguna Android ini adalah yang paling tinggi dari yang pernah kami ukur. Masing-masing sistem operasi, sebetulnya sudah memiliki pengguna loyal," ujar Mike Levin, co-founder CIRP.

"Semakin ke sini, pengguna merasa lebih nyaman dengan fitur dan konsistensi dari sistem operasi yang mereka gunakan, sehingga semakin sedikit pengguna yang berpikiran untuk beralih ke sistem operasi lain," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengguna Android Lebih Loyal Ketimbang Fans iPhone

Pada 2018, CIRP mengungkap loyalitas pengguna Android saat itu sudah mencapai 92 persen.

Sementara, loyalitas pengguna iPhone justru berada di belakangnya, yakni 89 persen.

Dengan demikian, pengguna Android bisa dibilang lebih loyal terhadap platform-nya ketimbang pengguna iPhone meskipun perbedaan antara keduanya tak terlalu signifikan.

CIRP menyebut, kedua platform telah mencapai tingkatan loyalitas pelanggan tertinggi yang mengidentifikasikan bahwa kini lebih banyak pengguna yang bertahan dengan OS mereka (Android atau iOS) ketika beli smartphone baru.

 

3 dari 3 halaman

Apple Sesumbar

Dia menambahkan, pada dasarnya, selama tiga tahun terakhir sekitar 90 persen pengguna smartphone di AS tetap menggunakan OS yang sama (seperti yang dipakai saat ini) ketika mereka membeli smartphone baru.

Apple sebelumnya sesumbar tentang banyaknya pengguna Android yang beralih ke iPhone.

Jika klaim Apple ini akurat, peluang kedua platform harusnya lebih mengandalkan basis pelanggan mereka sendiri untuk generasi mendatang.

Partner sekaligus Co-Founder CIRP lainnya Josh Lowitz agak tak setuju dengan perkiraan analis yang menyebut pembeli mudah berpindah dari satu platform OS ke platform lainnya (dari Android ke iOS atau sebaliknya).

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.