Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Gim Fortnite Resmi Hadir di Android per Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Fortnite, gim buatan Epic Games ini sudah menyambangi perangkat Android beberapa waktu lalu. Hanya saja, tidak semua pengguna Android bisa memainkan gim tersebut.

Namun, hal tersebut sudah berubah. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (12/10/2018), pemilik perangkat Android--yang kompatible--sudah bisa mengunduh dan memainkan gim Fortnite.

Perlu diketahui, pengguna Android tidak akan menemukan gim bergenre battle royale tersebut di Google Play Store.

Untuk dapat memainkan gim ini, kamu harus mengunduh gim via situs resmi pengembang.

Selain menyediakan link download gim Fortnite, Epic Games juga menyertakan informasi perangkat Android apa saja yang kompatible dengan gim.

Dari informasi pengembang, perangkat Android yang dapat memainkan gim Fortnite secara maksimal direkomendasikan sudah menggunakan OS Android 8.0 ke atas.

Sedangkan hardware yang disarankan untuk bermain Fortnite termasuk, RAM 4GB, Adreno 530 ke atas, Mali-G71 MP20, Mali-G72 MP12 atau lebih tinggi.

 

2 dari 3 halaman

Epic Games Akuisisi Perusahaan Pembuat Anti-Cheat

Fortnite sudah meluncur resmi di Android. Liputan6.com/ Yuslianson

Sebelumnya, Epic Games mengumumkan sudah secara resmi mengakuisisi perusahaan pembuat software anti-cheat di dalam gim, yakni Kamu.

"Bergabung dengan keluarga Epic merupakan mimpi masa kecil yang menjadi kenyataan, dan kami bersemangat untuk membantu pengembang gim atasi cheater di dalam gim," ungkap CEO Kamu, Simon Allaeys yang dikutip dari Ubergizmo, Rabu (10/10/2018).

CEO dan founder Epic Games, Tim Sweeney, juga menyambut gembira bergabungnya Kamu ke dalam keluarga besar perusahaannya.

Sweeney mengatakan, "tim Kamu dan tools-nya merupakan kunci untuk memberikan pengalaman terbaik dan adil bagi seluruh pemain setia Fortnite."

Sebelum bergabung dengan Epic Games, Kamu sudah menyediakan layanan anti-cheat buatannya ke sejumlah gim dan perusahaan lain.

Meski sudah diakuisisi oleh Epic Games, perusahaan berbasis di Helsinki, Finlandia tersebut tetap akan menawarkan layanannya ke perusahaan gim lain. 

 

3 dari 3 halaman

Fortnite Berlaga di Android Tanpa Jalur Play Store

Fortnite akuisisi perusahaan pembuat software anti-cheat di dalam gim. (Doc: Epic Games)

Tidak seperti pengembang gim lain, Epic Games selaku pengembang Fortnite mengambil jalur berbeda dalam hal pendistribusian pada pengguna Android.

Dikutip dari The Verge, Senin (6/8/2018), gim Fortnite tidak akan tersedia di Play Store. Epic Games memilih untuk merilis gim ini langsung melalui situs resminya.

Nantinya, pengguna tinggal mengunduh program installer Fortnite untuk memasang gim di perangkat yang kompatibel.

Keputusan ini, menurut CEO Epic Games Tim Sweeney, tidak lepas dari upaya perusahaannya untuk berhubungan langsung dengan pemain.

"Epic menginginkan hubungan langsung dengan pengguna di seluruh platform yang memungkinkan. Hal ini dimungkinkan dengan adanya internet," tutur Sweeney.

Alasan lain yang membuat Epic tidak merilis Fortnite di Play Store adalah alasan finansial. Epic tidak ingin membayar biaya toko aplikasi sebesar 30 persen ke Google.

"Untuk platform seluler, 30 persen tidak proporsional dengan biaya layanan yang dilakukan toko, seperti pemrosesan pembayaran, bandwidth unduhan, dan layanan pelanggan," ujar Sweeney.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pengamat: Masyarakat Belum Kenal Ragam Ponsel BM
Artikel Selanjutnya
Boks Penjualan Xiaomi Mi Note 10 Bocor di Internet