Sukses

Apple Digugat Pengguna Gara-Gara Notch di iPhone XS Max

Liputan6.com, Jakarta - iPhone X bukanlah smartphone pertama yang menggunakan notch di layarnya. Justru smartphone pertama yang pakai notch di layar adalah Essential Phone.

Meski begitu, iPhone X menjadi smartphone dari merek mainstream pertama yang menghadirkan notch di latarnya. Tidak hanya itu, cukup banyak smartphone dari pabrikan lainnya ikut merapkan desain notch di layar.

Langkah menghadirkan notch di layar smartphone ini menjadi hal yang perlu dilakukan mengingat desain yang tengah populer adalah minim bezel.

Oleh karenanya, notch di iPhone jadi media untuk menempatkan kamera dan sejumlah sensor untuk FaceTime dan FaceID.

Namun dalam sejumlah gambar promosi iPhone terbaru, notch itu tampak menyatu dengan layar. Pasalnya, Apple menggunakan background hitam pada sejumlah gambar promosinya, sehingga notch tak terlihat.

Seorang perempuan menyebut iklan promosi itu bersifat misleading dan dia berencana menuntut Apple.

2 dari 4 halaman

Percaya Kalau iPhone XS Max Tak Punya Notch

Dalam gugatan yang dimasukkan ke Northern District California, AS, pengacara penggugat Courtney Davis menuding Apple mendesain iklannya untuk seolah tak menunjukkan notch.

Karena hal itulah, Davis sempat percaya iPhone XS Max yang telah dibelinya secara pre-order tak memiliki notch di layar.

 

3 dari 4 halaman

Notch Tak Terlihat

"Gambar yang menyamarkan notch yang hilang di layar produk sangat menonjol di situs web tergugat dan di iklan toko retail yang menjual produk," demikian bunyi gugatan Davis sebagaimana dikutip dari Business Insider, Minggu (16/12/2018).

Lebih lanjut dalam gugatannya, Davis mengatakan, "gambar-gambar promosi tersebut digunakan oleh penggugat (Davis) yang percaya bahwa iPhone XS dan iPhone XS Max tidak memiliki notch di layar smartphone."

Gugatan itu juga mencari status class action. Selama bertahun-tahun memang belum ada perkembangan substansial apapun. Selain itu juga tidak ada jaminan bahwa gugatan ini akan sampai ke pengadilan.

4 dari 4 halaman

iPhone Belum Beri Komentar

Ini adalah gugatan pertama pada Apple yang berkaitan dengan iklan pemasaran iPhone terbaru. Gugatan inipun tengah diteliti secara hukum.

Sebelumnya, saat gambar-gambar iklan tersebut bocor di bulan Agustus, banyak komentator teknologi mengatakan, latar belakang hitam memang menyebunyikan notch agar tidak terlihat secara jelas.

Sayangnya, saat dimintai keterangan tentang gugatan tersebut, pihak Apple belum memberikan jawabannya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cydia, Toko Aplikasi untuk iPhone Jailbreak Setop Fitur Pembelian
Artikel Selanjutnya
Erajaya Dukung Kebijakan Registrasi IMEI untuk Atasi Smartphone Ilegal