Sukses

Komparasi Huawei Nova 3i vs Oppo F9. Lebih Bagus Mana?

Huawei Nova 3i dan Oppo F9, mana yang lebih bagus dalam segi desain, kapasitas penyimpanan, kamera? Cari tahu, yuk!

Liputan6.com, Jakarta Huawei belum lama ini meluncurkan tipe smartphone terbarunya, Huawei Nova 3i. Ponsel ini memiliki target konsumen anak muda yang suka fotografi dan videografi, aktif beraktivitas, serta ingin tampil futuristik dan keren.

Huawei Nova 3i juga dijual dengan harga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 4,1 juta. Menjadikan ponsel ini cukup mudah dijangkau oleh target konsumennya.

Soal spesifikasi, banyak yang menyandingkan Huawei Nova 3i dengan salah satu pesaing di kelasnya, yaitu Oppo F9. Walaupun Huawei Nova 3i sudah lebih dulu diluncurkan, tetapi banyak yang menganggap smartphone ini masih bisa bersaing dengan ponsel yang lebih baru.

Apakah benar Huawei Nova 3i lebih unggul dari Oppo F9, atau sebaliknya? Atau, keduanya memiliki performa yang seimbang? Yuk, kita bahas perbandingan antar keduanya dari segi desain, kamera, dan kapasitas memori!

Desain

Hadir dengan warna Sunrise Red dan Twilight Blue, Oppo F9 memiliki layar cukup lebar. Bentang layarnya memiliki luas 6,3 inci dengan resolusi FullHD + kerapatan 2.160 x 1.080 pixel. Aspek rasionya sendiri juga lebih luas dibandingkan para pendahulunya, yaitu 19,5:8.

Walaupun begitu, ukuran layar tersebut tidak mempengaruhi ukuran ponsel berkat desain bezel yang tipis. Selain itu, layarnya yang dilengkapi lapisan Gorilla 6 juga terlihat kokoh dan terasa halus saat diusap. Di sisi belakang, bodi Oppo F9 terbuat dari bahan plastik yang tidak licin saat digenggam.

Di sisi samping bodi Oppo F9 terdapat tombol dan port standar, seperti tombol volume di sisi kiri dan tombol power di sebelah kanan. Di bagian bawahnya terdapat speaker, port micro-USB, dan jack audio 3,5 mm.

Sementara itu, Huawei Nova 3i bisa dibilang memiliki desain yang kekinian dan mengikuti selera anak muda. Ponsel ini hadir dengan warna iris purple dan hitam. Khusus warna iris purple, bagian belakang smartphone ini tampak futuristik dengan adanya tampilan gradasi biru dan ungu bila terkena cahaya. Ditambah lagi material bodinya yang terbuat dari kaca membuat Huawei Nova 3i kian futuristik dan mewah.

Huawei Nova 3i dilengkapi dengan tampilan FullView Display. Ukuran bentang layarnya sama dengan Oppo F9 dengan kerapatan 2.340 x 1.080 pixel. Aspek rasionya sedikit lebih lebar, yaitu 19,5:9. Di bagian atas layar ponsel ini juga terdapat notch atau 'poni' yang lagi cukup ngetren belakangan ini.

Untuk kelengkapan tombol dan port-nya, di sisi kanan Huawei Nova 3i terdapat tombol volume dan power. Di antara kedua tombol ini terdapat sedikit jarak, sehingga memudahkan pengguna untuk membedakan tombol tanpa perlu melihat.

Di sisi kirinya, terdapat slot untuk dual-SIM yang dua-duanya kompatibel untuk 4G. Jika pengguna hanya memiliki satu SIM card, salah satu slot-nya bisa dipakai untuk microSD. Lebih lanjut, di sisi bawah ada jack audio, port USB tipe C, dan speaker grille.

Kapasitas memori

Oppo F9 didukung prosesor MediaTek Helio P60 octa-core 2.0 GHz. Prosesor ini dilengkapi dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan internal 64 GB. Media penyimpanannya bisa diperluas hingga 256 GB dengan tambahan kartu memori eksternal.

Huawei Nova 3i memiliki perbedaan dengan Oppo F9 dalam hal prosesor dan ukuran kapasitas penyimpanan. Huawei Nova 3i difasilitasi dengan prosesor Kirin 710 dengan kemampuan Artificial Intelligence (AI) dan antarmuka EMUI 8.2.

Smartphone tersebut memiliki kapasitas RAM sebesar 4GB dan memori internal 128GB. Huawei Nova 3i menjadi ponsel pertama di kelasnya yang mengusung kapasitas memori internal sebesar itu dan menjadikannya smartphone dengan memori terbesar di kalangan ponsel seharga Rp 4 jutaan .

Dampaknya, performa multitasking dan mode split screen di sejumlah aplikasi berjalan dengan halus. Juga tidak ditemui lag saat membuka beberapa aplikasi sekaligus dan bermain game online. Keuntungan lain, pengguna bisa menyimpan foto dan video cukup banyak.

Kamera

Sejak awal, Oppo selalu mengutamakan keunggulan kamera di setiap tipe ponselnya. Di Oppo F9 ini, Oppo menyematkan kamera ganda di bagian belakang dengan konfigurasi 16 MP dan 2 MP. Apperture atau bukaan lensanya sebesar f/1.85.

Sementara itu, kamera depannya memiliki resolusi 25 MP dan bukaan lensa f/2.0. Fitur beautify, pilihan efek warna, dan stiker-stiker unik juga tetap ada di menu kamera Oppo F9 untuk memberikan pengalaman selfie yang menarik dengan hasil cantik.

Lalu, bagaimana dengan Huawei Nova 3i? Ponsel ini memiliki empat kamera, dua di bagian depan dan dua di belakang. Kamera belakangnya dilengkapi konfigurasi 16 MP dan 2 MP serta teknologi auto-focus PDAF. Bukaan lensa di kamera belakangnya sebesar f/2.2.

Resolusi kamera depan Huawei Nova 3i sebesar 24 MP dan 2MP dengan apperture f/2.0. Kamera depannya juga dilengkapi dengan fasilitas AI Selfie Master yang dapat mengenali delapan obyek dan memberi pengaturan terbaik sesuai kondisi. Dijamin, hasil selfie-mu akan tampak menawan dan tak akan mengecewakan.

Itu adalah sebagian aspek yang bisa diperbandingkan antara Huawei Nova 3i dan Oppo F9. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua kembali lagi kepada selera dan kebutuhan Anda.

Jadi, mau pilih yang mana?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini