Sukses

Top 3 Tekno: Cara Melihat Gerhana Bulan Terlama Abad Ini Paling Hits

Cara melihat gerhana bulan terlama pada abad ini paling hits di kanal Tekno Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana bulan terlama pada abad ini bisa kita saksikan di seluruh Indonesia pada Sabtu, 28 Juli 2018 dini hari. Cara melihat fenomena langka ini pun paling hits di kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (26/7/2018) kemarin.

Berita lain yang tak kalah hits datang dari seorang admin di grup WhatsApp. Ia ditahan selama 5 bulan gara-gara sebuah pesan yang dikirimnya.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.  

1. Tips Menyaksikan Gerhana Bulan Terlama pada 28 Juli

Gerhana bulan total yang bakal berlangsung pada akhir pekan ini bisa dibilang sangat spesial. Bagaimana tidak, gerhana bulan total kali ini disebut-sebut akan menjadi gerhana paling lama di abad ke-21.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), mengungkap peristiwa gerhana terjadi pukul 01.24-05.19 WIB. Sementara, fase total akan berlangsung pukul 02.30-04.13 WIB. Semua diperkirakan akan terjadi dalam durasi satu jam 43 menit.

Fenomena ini bisa kita saksikan di seluruh Indonesia pada Sabtu, 28 Juli 2018 dini hari. Bagi kamu yang tidak ingin melewatkan momen ini, berikut hal yang harus kamu perhatikan sebelum melihat gerhana bulan total, agar memberikan pengalaman berkesan.

Baca selengkapnya di sini 

2. Gara-Gara Jadi Admin Grup WhatsApp, Pria Ini Dikurung 5 Bulan

Seorang mahasiswa India bernama Junaid Khan ditahan selama 5 bulan gara-gara sebuah pesan [WhatsApp ](3183166 "" )yang disebut-sebut tak pernah dikirimkannya.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari BBC, Kamis (26/7/2018), pria 21 tahun itu dituding melakukan penghasutan karena konten yang tidak menyenangkan. Sampai saat ini, tidak jelas pesan apa yang dimaksudkan sebagai pesan ofensif.

Saat keluhan diajukan, kepolisan menuding Khan merupakan admin grup WhatsApp. Pihak keluarga pun menyebut, Khan secara otomatis menjadi admin grup setelah admin asli meninggalkan grup.

Baca selengkapnya di sini 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018, Gerhana Bulan Dengan Durasi terlama Abad Ini!

Pada hari Sabtu (28/7/201) akhir pekan nanti, sebuah gerhana bulan total akan terjadi. Gerhana bulan total kali ini terbilang istimewa karena durasi dari gerhana bulan total ini akan jadi yang terlama di abad ini.

Melansir pernyataan dari Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto, gerhana bulan total kali ini akan berdurasi 1 jam 43 menit.

Gerhana bulan total kali ini terjadi karena bulan berada pada titik Apogee, atau titik terjauh dari Bumi. Gerhana bulan total ini juga bisa disebut sebagai Micromoon karena penampakannya yang kecil, kebalikan dari gerhana bulan total yang terjadi pada Januari lalu yang memiliki sebutan Super Blue Blood Moon di mana ukuran bulan terlihat lebih besar dan cerah.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.