Sukses

Fosil Ikan Tertua di Bumi Ditemukan

Para peneliti dari Amerika Serikat menemukan ikan purba yang usianya lebih tua dari dinosaurus. Ikan itu diperkirakan hidup 375 juta tahun yang lalu.

Liputan6.com, Philadelphia: Para peneliti dari Philadelphia, Amerika Serikat, menemukan fosil ikan purba yang usianya jauh lebih tua dari dinosaurus. Seperti dilansir dari CBSworld, Selasa (13/9), para ilmuwan dari Akademi Ilmu Pengetahuan Alam, di Logan Circle menemukan ikan lamban yang disebut Laccognathus embryi.

Laccognathus adalah ikan besar yang panjangnya lima sampai enam meter. Ikan itu memiliki kepala berbentuk pipih, mata yang sangat kecil dengan mulut dan gigi yang sangat besar.

Laccognathus embryi diperkirakan hidup 375 juta tahun yang lalu, sebelum binatang hidup di darat atau selama masa transisi. Laccognathus tampaknya memiliki sirip yang lebih mirip seperti anggota tubuh. Hal itu mungkin menunjukkan perannya dalam evolusi berbasis air sebagai perenang, kemudian berubah untuk menjadi kaki saat berada di darat.

"Periode Devon merupakan titik balik dalam sejarah Bumi. Studi kami dari fosil ikan dari periode tersebut benar-benar membantu kita memahami evolusi Bumi dan kehidupan yang hidup di atasnya," kata Ted Daeschler, paleontologis dari akademi tersebut.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini