Sukses

5 Cara Pakai Google Lens untuk Beragam Kebutuhan

Penasaran seperti apa manfaat Google Lens di perangkat Android? Simak artikelnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Google telah mengumumkan kehadiran Google Lens untuk seluruh perangkat Android. Raksasa internet itu mengintegrasikan fitur ini dengan aplikasi Google Photos untuk dapat digunakan.

"Mulai hari ini, pengguna Android dapat memakai Google Lens untuk membuat kontak dengan cara memfoto kartu nama atau informasi dari bangunan ternama," tulis akun Twitter Google Photos bulan lalu.

Meski sudah rilis, sayangnya tak sedikit pengguna Android belum mengetahui fungsi dari Google Lens. Padahal, fitur ini dapat dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan, seperti menerjemahkan kalimat atau mengetahui sebuah benda.

Untuk itu, Tekno Liputan6.com akan memberikan sejumlah tips memakai Google Lens seperti dikutip dari Make Use Of, Jumat (4/5/2018). Penasaran, simak artikelnya berikut ini.

1. Mencari Tahu Merek Sebuah Barang

Sebagai permulaan, Google Lens di banyak perangkat Android tertanam di aplikasi Google Photos. Karena itu, kamu baru dapat mengaksesnya dengan membuka aplikasi.

Kamu dapat menggunakannya dengan mengambil gambar baru atau gambar yang sudah tersimpan di galeri. Selanjutnya, kamu tinggal membuka aplikasi Google Photos dan memilih ikon Google Lens untuk mengaktifkannya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan fitur ini adalah mengetahui merek atau nama sebuah barang. Cara menggunakanya pun mudah, kamu cukup mengambil gambar barang yang ingin diketahui.

Lalu, buka di aplikasi Google Photos dan pilih Google Lens. Nantinya, Google Lens akan menampilkan hasil pencarian dari pembacaan benda itu dan menampilkan hasil pencarian langsung di layar smartphone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Mencari Produk yang Mirip

Selain mengidentifikasi sebuah objek, Google Lens juga dapat mencari barang lain yang memiliki kemiripan. Hal ini dapat membantu kamu menemukan alternatif dari sebuah barang.

Sebagai contoh, ketika kamu menjalankan Google Lens di gambar yang memiliki kutipan tertentu, aplikasi ini nantinya dapat memberikan hasil pencarian produk lain yang memiliki kutipan serupa.

Tak hanya itu, kamu juga dapat mengambil foto produk di sebuah toko. Setelah itu, dibantu dengan Google Lens, kamu dapat mengetahui toko lain yang juga menawarkan produk serupa, termasuk informasi harga.

3. Mengetahui Objek Tak Dikenal

Fungsi lain yang sangat membantu dari Google Lens adalah mengetahui sebuah objek yang asing. Kemampuan ini dapat membantumu saat tengah melancong ke tempat yang belum pernah didatangi dan ingin mengetahui nama dari objek di sekitar.

Kamu cukup mengambil gambar dari bangunan atau landmark dari sebuah wilayah, termasuk jika ada tanaman yang ingin diketahui. Setelah itu, Google Lens akan menampilkan hasil pencarian tersebut.

3 dari 3 halaman

4. Mengambil Foto Informasi dari Sebuah Dokumen

Fitur lain yang tak kalah keren dari Google Lens adalah kemampuan mengenali teks. Kamu dapat mengambil gambar dari dokumen apapun, dan aplikasi ini akan mengenali teks di dalamnya.

Setelah itu, aplikasi akan mengubahnya menjadi teks yang dapat dipindahkan. Kamu dapat menyalinnya ke aplikasi pencatat, berbaginya ke teman, atau mengirimkannya melalui aplikasi chatting dan email.

5. Menyalin Informasi Langsung dari Kartu Nama

Kemampuan mengenali teks di Google Lens juga dapat dimanfaatkan untuk menyalin informasi yang ada di kartu nama. Kamu tinggal mengambil gambar dari kartu nama yang ingin diambil informasinya.

Setelah itu, informasi tersebut dapat langsung disalin untuk disimpan dalam kontak. Tak hanya itu, Google Lens juga dapat memberikan hasil pencarian berupa gambar atau petunjuk melalui Google Maps dari alamat yang ditampilkan.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.