Sukses

Cara Mengembalikan Fitur View Images di Google

Liputan6.com, Jakarta - Seperti diketahui, Google sempat melakukan sebuah perubahan drastis dengan menghilangkan tombol View Images pada penjelajahan gambarnya.

Alasan yang dipakai Google adalah perlindungan hak cipta, terutama atas protes yang dilakukan Getty Images.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengatasi masalah ini. Caranya adalah dengan melakukan instalasi extension bernama View Images agar kamu bisa kembali menikmati fitur View Image di Google.

Kamu bisa menginstalnya di sini.

Selain cara di atas, kamu sebetulnya juga bisa tinggal mengklik Open Image in New Tab pada sebuah gambar bila tidak mau menginstal extension tersebut.

1 dari 3 halaman

Alasan Google Menghilangkan View Image

Melalui Twitter-nya, Google mencuit kalau mereka memang telah menghapus fitur tersebut langsung dari laman pencariannya.

"Pada hari ini, kami telah meluncurkan sejumlah perubahan pada Google Images untuk membantu menghubungkan pengguna dengan situs-situs yang mereka ingin kunjungi," tulis Google.

"Perubahan ini termasuk fitur View Images yang telah kami hapus. Namun, tombol mengunjungi laman yang berkaitan masih ada. Jadi pengguna bisa langsung melihat gambar dalam situs yang mereka kunjungi," tambahnya menjelaskan.

Untuk informasi, fitur View Image yang hadir berupa tombol ini memang membantu pengguna yang sedang mencari gambar untuk melihat gambar secara keseluruhan dalam format aslinya, dan bisa disimpan langsung tanpa harus lebih dulu mengunjungi situs yang memuat gambar tersebut.

Menurut informasi yang dilansir The Verge, upaya ini merupakan langkah Googleuntuk melindungi hak cipta fotografer serta tanggapan terhadap kritik dari para fotografer dan perusahaan penyedia foto seperti Getty Images.

2 dari 3 halaman

Kerap Diprotes Karena Hak Cipta

Google sendiri dikecam banyak pihak karena mereka menampilkan banyak gambar yang diduga telah melanggar hak cipta. Karena hal ini, banyak orang bisa mengambil gambar-gambar tersebut dengan mudah tanpa izin.

Dengan ditiadakannya fitur View Images ini, pengguna mau tak mau harus beranjak ke situs yang memuat gambar yang ingin disimpan.

Namun, pada kenyataannya banyak situs yang tidak mengizinkan pengguna untuk menyimpan gambar karena alasan hak cipta.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Ambil Foto Street View di Jalan, Google Pakai Motor Jadul
Artikel Selanjutnya
Google Manfaatkan Kecerdasan Buatan untuk Prediksi Kesehatan Jantung