Sukses

Google Matikan Goo.gl, Layanan Pemangkas URL

Google memutuskan untuk menutup layanan yang bisa memangkas URL.

Liputan6.com, Jakarta - Google memiliki layanan untuk memangkas URL di mana pengguna tinggal copy paste link URL yang panjang dan mengonversinya menjadi lebih pendek.

Bernama goo.gl, layanan ini membantu banyak pengguna internet ketika membagikan link di email, aplikasi olah pesan, media sosial, dan sebagainya.

Meski sangat membantu pengguna, Google dikabarkan akan menutup layanan itu.

Dikutip dari laman blog perusahaan, Senin (2/4/2018), Google mengklaim selama bertahun-tahun fitur itu diluncurkan, warganet telah menemukan berbagai macam konten di internet dengan cara yang berbeda dari sebelumnya.

Dengan semakin majunya dunia internet, perusahaan percaya bahwa warganet kini tidak lagi butuh layanan goo.gl lagi.

Google mengatakan, "Untuk memfokuskan kembali upaya kami, selama beberapa minggu mendatang layanan goo.gl akan dinonaktifkan dan menggantinya dengan Firebase Dynamic Links (FDL)."

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa Itu Firebase Dynamic Links (FDL)

Kantor pusat Google. Foto: Digital Trends

FDL adalah URL pintar yang memungkinkan kamu mengirim link ke pengguna iOS, Android atau aplikasi web dengan mudah dan cepat.

Google mengklaim, layanan goo.gl mulai 30 Maret 2018 akan mulai dinonaktifkan. Dari 13 April 2018, hanya pengguna terdaftar yang bisa menggunakan layanan.

Pengguna juga masih tetap bisa melihat data analitik dan men-download informasi link yang sudah dipendekkan ke dalam format csv hingga sampai satu tahun ke depan atau tepatnya 30 Maret 2019.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.