Sukses

Bixby dan Smart Things, Otak Cerdas dari TV QLED Terbaru Samsung

Liputan6.com, New York - Salah satu pembaruan fitur TV QLED teranyar Samsung yang cukup menjadi sorotan di acara First Look adalah kehadiran Bixby. Ya, tak cuma pada smartphone seperti seri Galaxy S8 dan S9, sang asisten virtual cerdas kini juga sudah bisa digunakan pada lini TV QLED Samsung edisi 2018, mulai dari Q6F, Q7F, Q8F, dan Q9F.

Disampaikan Senior Manager of Service Innovation Samsung Electronics America, Pedro Freitas, hadirnya Bixby pada lini TV QLED teranyar besutan raksasa teknologi Korea Selatan ini, memberikan 'nyawa baru' untuk melengkapi ekosistem perangkat pintar Smart Things.

Bukan tidak mungkin, sebutnya, adanya Bixby juga membuat pengalaman menggunakan TV QLED menjadi lebih asyik, praktis, dan menyenangkan.

"Bixby dan Smart Things itu adalah backbone untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang lebih menyatu. Dengan adanya Bixby pada TV QLED terbaru kami, pengguna hanya perlu sedikit effort untuk melakukan semuanya," kata Pedro saat sesi keynote First Look yang diadakan di American Stock Exchange Building, New York, Rabu pagi (7/3/2018) waktu Amerika Serikat.

Ia menambahkan, "Hanya lewat dari TV QLED dan meminta tolong Bixby, semuanya jadi mudah dan cepat selesai."

Pada saat yang sama, Pedro juga memperlihatkan kebolehan Bixby yang sudah terintegrasi dengan TV QLED Samsung generasi teranyar di depan para hadirin.

Bersama rekannya, Sarah, pria tersebut mendemonstrasikan fitur Bixby dengan memberikan perintah suara untuk memutar lagu favorit via Spotify atau juga mencari acara kesukaan mereka.

Senior Manager of Service Innovation Samsung Electronics America, Pedro Freitas, di acara First Look, New York, Amerika Serikat. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Tak cuma itu, mereka juga memamerkan fitur cerdas lain seperti sinkronisasi aplikasi via Smart Things. Pedro melakukan langkah setup awal pemasangan TV layaknya pertama kali membeli, seperti mensinkronisasikan sejumlah aplikasi ke dalam TV.

"Biasanya, kalau mau sinkronisasi ke TV itu kan harus login pakai email, password, dan lain-lain. Hal-hal seperti ini memakan waktu. Nah, dengan fitur yang ada di aplikasi Smart Things, proses sinkronisasi bisa lebih mudah tanpa harus melakukan hal-hal seperti memasukkan password dan teman-temannya," sambung Pedro.

Selain Bixby dan Smart Things, Pedro juga menyebut beberapa fitur lain, seperti platform Universal Guide terbaru untuk navigasi layanan streaming dan siaran live TV lewat antarmuka yang lebih mudah.

1 dari 3 halaman

Rangkaian TV QLED Samsung Edisi 2018

Untuk diketahui, ada empat seri TV QLED terbaru Samsung yang diumumkan ke dalam lini 2018, di antaranya mulai dari Q7F (55, 65, 75 inci), Q7C (55 dan 65 inci), Q8F (55, 65, dan 75 inci), Q9F (65, 75, dan 88 inci). Adapun satu seri baru tak lain adalah Q6F yang sebelumnya tidak ada di lini 2017. Menariknya, Q6F hadir dengan varian ukuran yang lebih beragam, mulai dari 49, 55, 65, 75, dan 82 inci.

Pedro menambahkan, semua TV QLED terbaru ini juga ditopang dengan prosesor Q Engine untu memudahkan pengalaman menggunakan Smart TV menjadi lebih imersif.

Sekadar informasi, ajang First Look Samsung di New York tak cuma berkutat pada keempat seri TV QLED terbaru besutan raksasa teknologi Korea Selatan ini. Acara tersebut juga memamerkan sejumlah keunggulan fitur baru nan mumpuni yang bertumpu pada tiga fokus: Q Style, Q Smart, dan Q Picture.

Q Style sendiri merupakan konsep yang mengutamakan desain yang minimalis dan tidak memerlukan banyak kabel.

Karenanya, TV QLED terbaru Samsung hadir dengan satu kabel saja, One Invisible Connection 2.0. Tak cuma itu, lini TV QLED ini juga dipersenjatai Ambient Mode yang membuat layar tak perlu dimatikan untuk terus menampilkan gambar secara standby.

2 dari 3 halaman

Konsep Era TV Cerdas

Adapun Q Smart merupakan konsep era TV cerdas berbasis Internet of Things (IoT), yang menghubungkan TV dengan sejumlah perangkat pintar Samsung lain dalam ekosistem Smart Things.

Sementara, Q Picture adalah fokus Samsung pada kualitas layar TV QLED yang lebih baik dalam segi warna dan upscaling.

Sayang, Samsung belum mengungkap kapan keempat seri TV QLED terbaru ini akan melenggang ke Indonesia, begitu pun dengan harganya.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Mengintip The Wall, TV Raksasa 146 Inci Besutan Samsung
Artikel Selanjutnya
TV QLED Terbaru Samsung Melenggang dengan Bixby dan Layar 8K