Sukses

Berburu Tiket Pesawat Online Murah untuk Mudik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pencarian travel global, Skyscanner, siap membantu pemudik untuk mencari tiket pesawat untuk Lebaran di tahun ini.

Lewat platform yang disediakan, pemudik bisa membandingkan harga tiket pesawat dengan sekali klik sehingga bisa mendapatkan tiket pesawat yang paling murah.

“Skyscanner menghadirkan cara termudah dalam membandingkan harga tiket pesawat untuk Lebaran di tahun ini,” ujar Yulianto Balawan, Senior Marketing Manager dari Skyscanner Indonesia melalui keterangan tertulisnya, Senin (5/3/2018) di Jakarta.

Ia menyebut masyarakat Indonesia biasanya sudah mulai memantau harga tiket pesawat untuk Lebaran sejak enam bulan sebelumnya, meskipun mayoritas baru melakukan pemesanan sekitar 1-2 bulan sebelum hari-H.

"Mengingat adanya kenaikan harga yang signifikan serta keterbatasan tiket, kegiatan memantau tiket sejak jauh hari memang perlu. Dengan Skyscanner, kamu tidak perlu lagi repot mencari informasinya. Kami menyediakan semuanya lengkap dari berbagai maskapai,” tambah Yulianto.

Skyscanner mengklaim menawarkan informasi lengkap tentang tiket penerbangan ke semua rute, baik domestik maupun internasional. Dengan demikian, pemudik tidak perlu melakukan survei satu per satu ke berbagai maskapai secara manual.

"Pemudik hanya perlu mengisikan rute penerbangan, tanggal yang diinginkan, serta jumlah tiket yang dibutuhkan. Setelahnya, sistem Skyscanner akan melakukan survei ke semua maskapai dan menampilkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan," kata Yulianto menambahkan.

 

1 dari 3 halaman

Perhatikan Kesediaan Tiket

Tak hanya soal harga, salah satu hal yang perlu diperhatikan pemudik adalah jumlah ketersediaan tiket. Untuk menghindari kelangkaan tiket mudik, disarankan untuk melakukan pemesanan jauh-jauh hari sebelum Lebaran yang tahun ini jatuh pada tanggal 15-16 Juni 2018.

Selain itu, pemudik juga perlu memerhatikan jumlah kursi tambahan dari berbagai maskapai. Ketika musim mudik Lebaran, beberapa maskapai kerap menambah kursi melalui extra flight. Pasalnya, jumlah penumpang meningkat signifikan saat itu.

Untuk rute penerbangan yang paling dicari pada Lebaran tahun ini, Skyscanner memprediksi sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Posisi teratas masih diisi oleh Jakarta, Bali, Surabaya, Medan, dan Yogyakarta.

Yang berbeda, apabila berkaca pada tren, tujuan Lombok, Belitung, dan juga Labuan Bajo diperkirakan akan banyak diincar oleh pemudik yang ingin sekaligus berwisata di liburan Lebaran tahun ini.

 

2 dari 3 halaman

Penerbangan yang Paling Dicari

Menurut data Skyscanner pada Lebaran 2017, pemudik rata-rata sudah mulai memesan tiket penerbangan sekitar 48 hari sebelum hari-H. Berbeda dengan hari-hari biasa di mana orang biasanya baru melakukan pemesanan tiket terbang 29 hari sebelumnya.

Tak hanya itu, Lebaran juga identik dengan kenaikan harga tiket yang cukup signifikan. Pada Lebaran tahun lalu, harga tiket penerbangan menuju Jakarta naik hingga 73 persen.

Sementara untuk kota lain seperti Bali naik hingga 80 persen, Padang naik 74 persen, Palembang 79 persen, dan Malang juga naik hingga 79 persen.

Itu sebabnya pemudik perlu memantau harga tiket penerbangan secara teliti, baik dari segi harga maupun ketersediaan.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

 

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Setelah Diakusisi GDP Venture, Transaksi tiket.com Naik Jadi 20 Ribu Tiket Perhari
Artikel Selanjutnya
Uniknya Kantor Baru tiket.com, Design Minimalis Nan Cozy Dengan Ragam Tulisan Mural