Sukses

Optimistis, Nintendo Janjikan Siklus Usia Switch Lebih dari 6 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo Switch yang berhasil menuai kesuksesan ternyata berimbas pada rencana perusahaan. Sekadar informasi, konsol hybrid ini telah berhasil terjual 13 juta unit dalam waktu kurang dari satu tahun.

Capaian itu ternyata membuat Nintendo tak ingin cepat-cepat menyiapkan pengganti Switch. Dalam paparan pada investor, perusahaan asal Jepang itu optimistis Switch dapat bertahan lebih lama dari siklus konsol pada umumnya.

"Hingga saat ini tren siklus dari perangkat itu sekitar lima atau enam tahun. Namun, akan sangat menarik jika kami dapat memperpanjangnya, dan saya pikir kalian harus melihat hal tersebut," tutur Shigeru Miyamoto seperti dikutip dari Ars Technica, Selasa (14/2/2018).

Menurutnya, keunikan yang ditawarkan Switch, judul-judul gim kenamaan, dan talenta yang ada memungkinkan Switch mampu bertahan lama. Kendati demikian, tak sedikit pihak yang menyangsikan rencana Nintendo ini.

Beberapa pihak menyebut rencana tersebut sebenarnya berbeda dengan kenyataan yang ada. Saat ini, kebanyakan konsol memiliki siklus yang lebih panjang.

Sebagai contoh, Sony membutuhkan waktu hingga tujuh tahun untuk merilis PlayStation 4 setelah PlayStation 3. Hal itu juga berlaku untuk Microsoft yang memberikan jeda waktu hingga delapan tahun untuk merilis Xbox 360 dan Xbox One.

Di sisi lain, ada pihak yang menyebut perbedaan siklus ini terjadi karena Nintendo Switch termasuk konsol kelas menengah. Kerena itu, durasi konsol ini tak sama dengan perangkat lain.

1 dari 3 halaman

Terjual 10 Juta Unit

Sekadar informasi, hingga akhir tahun lalu, Nintendo sendiri telah berhasil menjual 10 juta unit Switch. Sejak diluncurkan, konsol ini langsung laris manis dan tak lama mejeng di berbagai toko-toko gim di berbagai negara di dunia.

Bahkan, kecepatan konsol ini terjual di pasaran hampir menyamai konsol yang Nintendo luncurkan sebelumnya, yakni Wii.

Diketahui, sejak diluncurkan pada 2006 hingga saat ini, Wii sudah terjual hingga 100 juta unit di dunia.

Dilansir Nintendo, penjualan Switch diproyeksikan untuk tahun pertamanya bisa terjual lebih dari 16,7 juta unit. Ini berarti Switch lebih unggul 3 juta unit untuk penjualan tahun pertama Wii.

2 dari 3 halaman

Kunci Sukses Nintendo Switch

Apa yang membuat konsol baru buatan Nintendo ini bisa sukses di pasaran? Ada dua faktor utama yang berkontribusi untuk tingginya angka penjualan Switch.

Adapun dua faktor tersebut adalah konsep konsol hybrid yang ditawarkan ke pengguna dan deretan judul gim yang didukung oleh pengembang dan penerbit gim kelas atas atau pun indie.

Seperti yang sudah kamu ketahui, konsep konsol gim portable sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru Switch yang mampu menghadirkan pengalaman bermain gim konsol secara on-the-go dan di TV secara optimal.

Meski hadir sebagai konsol baru dan tidak memiliki kemampuan hardware seperti konsol Ps4 dan Xbox One, nyatanya membuat pengembang gim terus meluncurkan gim-gim miliknya di Switch.

Tak hanya judul gim baru yang hadir ke Switch, judul gim nostalgia seperti Super Mario, Mario Kart, dan Zelda pun dibuat ulang untuk memaksimalkan potensi konsol hybird ini

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Ikutan Nintendo, Sony Bakal Luncurkan Konsol PS1 Classic Edition?
Artikel Selanjutnya
Ingin Beli Konsol PS4 hingga PS4 Pro? Cek Daftar Harganya di Sini