Sukses

Buka e-Commerce, Toko Fisik 3Second Justru Tak Bakal Tutup

Liputan6.com, Jakarta - Brand fashion lokal 3Second baru saja meluncurkan platform e-Commerce perdananya, 3Second.co.id pada Rabu (24/1/2018).

Tak cuma 3Second, Biensi selaku holding grup brand fashion tersebut juga akan merangkul brand-brand lain, di antaranya seperti Greenlight, Moutley, Famo, dan FMC Speed Supply.

Lantas, dengan dibukanya 3Second, bagaimana dengan bisnis ritel fisiknya? Apakah mereka akan menutup semua cabang yang beroperasi di Indonesia?

Assistant Manager Business Online Biensi, Andika Adhitya, mengungkap pihaknya tidak akan menutup bisnis ritel fisik 3Second. Menurutnya, kehadiran 3Second.co.id justru akan melengkapi bisnis offline-nya.

"Kami tidak akan tutup toko fisik. Karena kebiasaan pelanggan kami juga berbeda-beda, banyak variasinya. Ada yang penasaran menjajal produk kami saat berkunjung ke toko, tetapi selanjutnya mereka malah lanjut ke online," ujar Andika saat ditemui Tekno Liputan6.com saat konferensi pers soft launching 3second.co.id di wilayah Kemang, Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Ia menambahkan, "Ada juga yang pertama kali belanja online, tetapi selanjutnya malah ke toko."

Andika juga mengungkap, 3Second sendiri sebetulnya sudah merambah bisnis e-Commerce sejak 2012. Namun ia mengaku saat itu belum terlalu 'bergerak' dan masih fokus pada toko fisik.

"Iya kalau di 2012 kita memang baru coba-coba, menjajal dulu adopsinya seperti apa. Jadi yang di 2018 ini adalah penyempurnaan dari 2012, kita siap go live dan mengerahkan semua aset yang ada untuk e-Commerce ini," sebutnya.

Investasi yang digelontorkan kala itu juga tidak terlalu banyak. Namun berbeda dengan sekarang, ketika ditanyakan berapa persentase investasi yang dikerahkan, Andika enggan menjawabnya.

"Yang pasti enggak mencapai 80 persen lah," tutupnya.

1 dari 3 halaman

Konsep O2O

Andika mengatakan konsep situs 3second.co.id akan bersifat O2O (online to offline). Dengan skema ini, konsumen dapat membeli barang secara online di 3second.co.id dan mengambilnya di sejumlah toko fisik O2O.

"Konsep O2O ini kita matangkan dengan resource yang sudah dipersiapkan. Semoga dengan kehadiran 3second.co.id, pertumbuhan pelanggan kami terus tumbuh dan meningkatkan daya beli online yang beriringan dengan offline," imbuhnya.

Selama periode soft launching, 3second.co.id akan memberikan berbagai promo menarik seperti diskon hingga 50 persen. Selain itu, pelanggan yang berbelanja di 3seconds.co.id akan mendapatkan gratis ongkos kirim yang berlaku pada 24 Januari-3 Februari 2018.

2 dari 3 halaman

Bakal Bermitra dengan Disney

Biensi sendiri juga akan bekerja sama dengan The Walt Disney Indonesia pada kuartal pertama 2018.

Sayang, bentuk kerja sama tersebut tidak diungkap, apakah akan bentuk dalam apparel pakaian khusus atau aksesori lainnya. Yang pasti, selain Disney Indonesia, Biensi mengungkap juga akan bermitra dengan beberapa brand internasional lain di sepanjang 2018.

3Second terbilang sebagai merek fashion yang cukup lama di Indonesia. Didirikan sejak 1997, merek ini telah memiliki 365 titik distribusi offline.

Bukan tidak mungkin, langkah 3Second merambah ranah online bisa menjadi target perusahaan untuk bersaing dengan merek populer lain yang tak hanya ada di Indonesia, tetapi juga di negara tetangga.

Dalam peluncurannya, 3second.co.id juga akan menggandeng sejumlah selebritas ternama untuk masing-masing brand. Adapun selebritas yang diajak seperti Ariel Noah, Rio Dewanto, Bastian Steel, Eno NTRL, Coki NTRL, Tora Sudiro, dan masih banyak lagi.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Cara Baru Belanja Online yang Lebih Interaktif di Bulan Ramadan 2018
Artikel Selanjutnya
Rental Mobil Berbasis Internet Jadi Bisnis Menggiurkan