Sukses

Memaksimalkan Kegiatan Liburan dengan Aplikasi Google

Selain untuk mencari bahan pelajaran dan pekerjaan, aplikasi Google rupanya juga bisa menjadi teman terbaik saat berlibur di suatu tempat.

Liputan6.com, Bali - Aplikasi Google kini semakin bersahabat berkat kemampuannya yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Selain untuk mencari bahan pelajaran dan pekerjaan, Google rupanya juga bisa menjadi teman terbaik saat berlibur di suatu tempat.

Head of Product Communication Google Indonesia Putri Silalahi mengatakan internet kini bukanlah barang mewah. "Saat ini semua orang kini bisa menggunakan internet dalam genggaman tangan dengan adanya smartphone. Tak hanya sebagai alat komunikasi, smartphone kini juga menjadi asisten pribadi," tutur Putri saat ditemui tim Tekno Liputan6.com di Bali, Senin (19/12/2016).

Sebagai asisten pribadi, banyak orang yang menggantungkan berbagai hal pada smartphone. Hal ini terbukti dengan salah satu pencarian terbanyak yang ditemukan Google Indonesia pada 13 April lalu adalah 'doa untuk ujian nasional'.

"Ternyata ini karena tanggal 15 April anak sekolah menjalankan ujian nasional, makanya pencarian sebelum ujian adalah doa untuk ujian," ujarnya.

Kini, untuk memudahkan liburan, Google App juga bisa jadi sumber saat mencari tempat-tempat wisata. Putri mengatakan, fungsi smartphone yang kini jadi asisten pribadi itulah yang membuat perusahaan Amerika Serikat itu mengembangkan penelusuran berbasis suara, OK Google.

"Penelusuran berbasis suara dikembangkan Google karena sekarang orang sangat multitasking, sehingga pencarian dengan suara dihadirkan agar bisa dipakai secara instan," kata Putri.

Putri lebih lanjut menunjukkan bagaimana seseorang bisa melakukan pencarian saat liburan dengan Google App. Menurut Putri, teknologi yang dikembangkan Google App dapat membantu pengguna merencanakan dan menjalani liburan.

Misalnya saja, mengecek jadwal penerbangan, memesan transportasi taksi dan ojek online, menemukan hotel di lokasi liburan, hingga mengetahui informasi tempat wisata mulai dari jam buka hingga waktu tempuh ke lokasi wisata.

Google Indonesia pun mengajak wisatawan merasakan kemudahan mengeksplor pengalaman lokal di Bali melalui kampanye #SelaluTauYangSeru dengan Google App.

Consumer Marketing Manager Google Indonesia Mira Sumanti mengatakan, "melalui kampanye #SelaluTauYangSeru di Bali ini, kami ingin menunjukkan bagaimana Google App bisa menjadi asisten ideal bagi pengguna untuk mengetahui hal-hal menarik yang dimiliki Bali," kata Mira.

Adapun kampanye ini dilakukan selama tujuh hari sejak 19-25 Desember 2016 di tujuh tempat berbeda. Menurutnya, selama diselenggarakan di lima kota, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Medan, jumlah peserta yang ikut serta mencapai 12 ribu partisipan. 

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini