Sukses

Waspada, Buka Link Video Ini di iOS Bisa Bikin Crash!

Apple mengklaim kalau perangkat iDevice mereka tak akan bisa di-hack atau diserang malware, namun siapa sangka iOS ada cacatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bertahun-tahun, Apple mengklaim kalau perangkat iDevice mereka tak akan bisa di-hack atau diserang malware.

Klaim Apple ini cukup wajar, mengingat tak banyak malware yang dibuat secara khusus untuk perangkat iOS.

Namun, sistem operasi kebanggaan milik Apple ini ternyata memiliki 'cacat' sejak lama. Hanya saja baru belakangan ini kelemahan di iOS tersebut terungkap. 

Terkini, sebuah link jahat yang berisikan video berdurasi 3 detik--yang terlihat tak berbahaya--berhasil membuat perangkat iOS crash dan tak dapat digunakan lagi. Demikian seperti dikutip dari laman Ubergizmo, Jumat (25/11/2016). 

Walau tidak terlalu berbahaya, malware ini cukup mengganggu dan membuktikan ke Apple dan penggunanya kalau iOS masih memiliki 'cacat'.

Menariknya, di dalam video yang diunggah ke akun YouTube EverythingApplePro, memperlihatkan bahwa link video jahat tersebut berhasil bikin crash iDevice mulai dari iOS 5 hingga iOS 10 yang terbaru.

Bagi kamu yang kebetulan menerima link video tersebut, cara satu-satunya memperbaiki adalah dengan melakukan hard reboot. 

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.