Sukses

Program eWarong Kemensos Mulai Berjalan di Jakarta

Dalam upaya mengurangi angka kemiskinan di Indonesia, Kemensos meluncurkan program eWarong.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam upaya mengurangi angka kemiskinan di Indonesia, Kementerian Sosial (Kemensos) meluncurkan program percontohan pemberdayaan masyarakat miskin. Satu di antara program tersebut adalah layanan warung nontunai atau eWarong.

Setelah lebih dulu hadir di enam kota di Indonesia, program yang berubah nama menjadi eWarong (eWarung Gotong Royong) ini diluncurkan di Jakarta. Kelurahan Johar Baru merupakan daerah di Jakarta yang akan memulai menjalankan program tersebut untuk kali pertama.

Menurut Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa, peluncuran program ini menjadi cara supaya bantuan pemerintah yang diterima masyarakat tepat sasaran dan tepat jumlahnya.

"Melihat program ini, banyak juga kepala daerah yang juga ingin menjadikan wilayahnya sebagai pilot project untuk program eWarong," ujar Khofifah saat peluncuran program eWarong di Jakarta, Kamis (18/8/2016).

Dalam kesempatan itu, Khofifah juga mengatakan apabila program ini mampu berjalan efektif, bukan tidak mungkin proses percepatan kesejahteraan akan lebih baik, dari yang sebelumnya 5 tahun menjadi hanya 2 tahun.

Seiring dengan peluncuran eWarong di Jakarta, pada kesempatan yang sama juga diluncurkan Kartu Keluarga Sejahtera dengan dukungan sistem pembayaran dari Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.

Melalui metode ini, bantuan pemerintah yang diterima masyarakat tak lagi berupa uang tunai, melainkan nontunai. Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menuturkan program ini juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. "Presiden berkomitmen membuat perlindungan sosial dan penyalurannya dilakukan secara nontunai agar bisa langsung diterima calon penerima," tutur Agus.

Nantinya, melalui metode ini masyarakat tak sekadar bisa menerima bantuan, tetapi juga bisa menggunakannya untuk kebutuhan lain.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno yang juga hadir dalam acara tersebut menuturkan, kerja sama dengan sistem perbankan diharapkan makin memudahkan masyarakat. Melalui metode ini dana tersebut digunakan dengan lebih hemat dan bisa disisakan untuk tabungan.

Sebagai informasi, Jakarta merupakan kota ketujuh yang mulai meluncurkan program ini. Sebelumnya, program eWarong sudah lebih dulu diluncurkan di Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Padang, Makasar, dan Surabaya.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini