Sukses

5 Fitur Rahasia iOS 10 yang Belum Diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Selasa (14/6/2016) kemarin, Apple menggelar acara tahunan bertajuk Worldwide Developer Conference (WWDC) 2016 dengan beberapa keynote menarik, antara lain macOS dan iOS 10.

Lewat keynote di ajang tersebut, CEO Apple Tim Cook memperlihatkan berbagai fitur terbaru di iOS 10 seperti notifikasi yang lebih baik, tampilan baru Apple Music, Siri yang lebih pintar, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, ada beberapa fitur yang tidak sempat Cook dan timnya sebutkan di dalam keynote tersebut. Berikut adalah lima fitur pamungkas yang tim Tekno Liputan6.com rangkum untuk kamu pengguna setia iOS.

1. Aplikasi Bawaan Bisa Dihapus

Banyak pengguna perangkat iOS pasti "menyembunyikan" aplikasi bawaan iOS ke dalam folder khusus agar tidak mengganggu. Walau tidak terlihat, bukan berarti aplikasi bawaan iOS tersebut tidak menyedot kapasitas penyimpanan loh.

Untuk memberikan kebebasan terhadap penggunanya, di iOS 10 kini pengguna dapat bebas menghapus sebagian besar aplikasi bawaan selain Messages, Phone, Safari dan App Store.

Perlu diingat, menghapus aplikasi bawaan iOS akan mematikan beberapa fungsi tertentu yang ada di perangkat iOS kamu.

2 dari 3 halaman

5 Fitur di iOS 10

2. Suara Keyboard

Ingat suara keyboard saat kamu mengetik di perangkat iOS? Tampil dengan suara khas, banyak dari kamu pasti mematikan fitur suara saat mengetik.

Walau bukan sebuah perubahan besar, akan menarik bilamana suara saat mengetik keyboard di perangkat iOS terdengar berbeda dari seri iOS terdahulu.


3. Format Foto RAW

Kamu yang suka mengambil foto dengan perangkat iOS pasti akan terpuaskan dengan fitur baru yang Apple usung di iOS 10. Tak hanya mengambil foto dalam format RAW, pengguna iOS 10 nanti juga akan bisa mengedit hasil jepretan.

Sekadar informasi, RAW adalah format data gambar yang tidak dikompres dan memiliki data gambar lebih banyak. Format RAW ini banyak digunakan oleh fotografer karena mudah diedit seperti apa pun. Hingga saat ini masih belum ada iPhone atau iPad yang mampu mengambil foto dalam format RAW.

3 dari 3 halaman

5 Fitur di iOS 10

4. Aplikasi Bedtime, Wake Alarm dan Stopwatch Baru

Aplikasi Clock di iOS 10 mendapatkan sedikit perubahan dan penambahan dalam fitur. Nantinya, di aplikasi ini akan muncul fitur Bedtime dan Wake Alarm. Di Bedtime Alarm, kamu bisa mengatur kapan waktu kamu tidur.

Bedtime, Wake Alarm, Stopwatch. (Apple)
Adapun Wake Alarm akan membantu kamu untuk bangun lebih tepat waktu tiap harinya. Bila saat ini Stopwatch menampilkan angka dalam bentuk digital, Stopwatch yang baru akan mengadopsi tampilan analog.

5. Optimalisasi Storage

Pengguna iOS pasti pernah mengalami dilema saat storage di perangkat iOS sudah tidak mencukupi. Untuk mengatasi hal tersebut, iOS 10 Apple memperkenalkan fitur 'Optimize Storage'.

Optimize Storage. (Apple)

Dengan menyalakan fitur ini, iOS 10 akan secara otomatis menghapus musik yang sudah lama tidak didengar di perangkat iOS kamu.

(Ysl/Why)