Sukses

Induk Usaha Google Berencana Bangun Kota Masa Depan?

Kota tersebut akan dilengkapi dengan mobil otonomos, dihubungkan Wi-Fi, transportasi publik baru, dan penggunaan teknologi modern lain

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan induk Google, Alphabet, dikabarkan tengah menyusun rencana untuk membangun sebuah kota berbasis teknologi digital. Melalui anak usahanya, Sidewalk Labs sedang mengajukan proposal uji coba wilayah menggunakan nama "digital district".

Kabar ini pertama kali diketahui dari laporan The Informations mengenai proyek terbaru Sidewalk Labs yang diberi nama 'Project Sidewalk'. Perusahaan akan membuat distrik yang dilengkapi mobil otonomos, Wi-Fi, transportasi publik baru, dan teknologi modern lainnya.

Dikutip dari laman The Verge, Selasa (19/4/2016), Sidewalk Labs telah menggandeng lebih dari 100 ahli untuk mewujudkan proyek tersebut. Salah satunya adalah mempekerjakan sekelompok ahli terbaik dari perusahaan yang memasang jaringan Wi-Fi kecepatan tinggi di kota New York.

Berdasarkan informasi anonim, Sidewalk Lab belum memutuskan untuk membuat lahan kota tersendiri atau membangun kota digital di atas komunitas yang sudah terbentuk. Namun, ada dua kota di Amerika Serikat yang akan menjadi lokasi potensial untuk uji coba, yakni Denver dan Detroit.

Tim pengembang Project Sidewalk sendiri rencananya segera melaporkan proyek ini ke CEO Alphabet Larry Page. Bergabungnya Page pada proyek ini diharapkan dapat mempercepat proses pengerjaan Project Sidewalk. 

Sidewalk Labs masih belum memberikan komentar resmi terkait kabar proyek ini. Namun, CEO Sidewalk Labs Dan Doctoroff dalam sebuah kesempatan sempat menuturkan pengembangan mobil otonomos masuk ke dalam salah satu rencananya. Meskipun tak menyebut secara spesifik, Doctoroff tak menampik pembangunan kota berbasis teknologi merupakan hal sulit.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.