Sukses

Mudahkan Penggunanya Beramal, YouTube Hadirkan Donation Cards

Liputan6.com, Jakarta - YouTube kembali menghadirkan fitur terbaru bagi penggunanya. Kali ini, situs berbagi video itu menghadirkan fitur donasi untuk kegiatan organisasi nirlaba.

Fitur bernama 'Donation Cards' ini memungkinkan kreator video untuk mengumpulkan dana amal langsung dari video yang diunggah. Jadi, nanti para pengguna dapat langsung menyumbang ke organisasi nirlaba yang sudah dipilih para kreator.

Mengutip informasi dari laman Tech Times, Jumat (29/1/2016), pengguna dapat langsung melihat pilihan donasi di bawah video yang diputar. Kartu ini diletakkan pada bagian 'more info'. Di situ pengguna dapat menentukan jumlah donasi.

YouTube sendiri menjamin bahwa seluruh uang yang didonasikan akan diberikan ke organisasi yang dituju. Jadi, para pendonor tak perlu khawatir apabila ada kemungkinan donasinya akan diselewengkan. 

"YouTube memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Sehari-hari para pengguna itu cukup sering menonton video. Oleh sebab itu, akan lebih banyak kesempatan untuk berbuat baik," ujar Sherif Hamdy, Manager untuk Good Program YouTube, dari laman blog.

Beberapa bintang YouTube asal Amerika Serikat, seperti John and Hank Green dan Madison Beer dikabarkan telah bergabung dalam fitur ini. Jadi, para pengguna yang menonton kedua kreator tersebut sudah dapat berdonasi ke organisasi nirlaba yang dituju.

Hanya saja, untuk sekarang, fitur donasi ini baru tersedia untuk YouTube versi desktop maupun mobile bagi pengguna di Amerika Serikat. Kendati demikian, YouTube berencana mengembangkan fitur ini ke negara lain. Jadi, kreator video di berbagai negara dapat ikut memberdayakan organisasi nirlaba di sekitarnya.

(Dam/Why)