Sukses

Facebook Rancang Aplikasi Video 360 Derajat

Perusahaan milik Mark Zuckerberg ini dikabarkan semakin serius menggarap teknologi virtual reality.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook tampaknya semakin menunjukkan ketertarikannya pada teknologi virtual reality. Setelah sebelumnya pada tahun lalu Facebook membeli Oculus, sebuah perusahaan pembuat perangkat virtual reality. Sekarang Facebook dikabarkan sedang berusaha mengembangkan aplikasi berbasis virtual reality.

Seperti dikutip dari laman Wall Street Journal, Senin (14/9/2015), perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut dikabarkan sedang bekerja untuk membuat aplikasi video yang akan mendukung video dengan jarak pandang 360 derajat atau 'spherical'.

Format untuk mengambil video tersebut tampaknya sama dengan menggunakan beberapa kamera untuk dapat mengambil video dengan jarak pandang 360 derajat. Pengguna nantinya cukup mengatur sudut pandang yang diinginkan dengan menggunakan smartphone.

Diperkirakan, aplikasi ini nantinya akan tersedia untuk pengguna iOS dan Android. Namun, pihak Facebook sendiri belum mau berbicara banyak mengenai hal ini.

Dari rumor yang diperoleh pihak Wall Street Journal, dikabarkan bahwa pengembangan aplikasi ini masih dalam tahap awal dan belum diketahui waktu perilisannya.

Mark Zuckerberg sendiri sebagai CEO Facebook, tampaknya memang begitu tertarik terhadap teknologi virtual reality.

Zuckerberg sendiri tidak jarang mengungkapkan bahwa virtual reality akan menjadi platform komputasi selanjutnya setelah perangkat mobile. Usaha ini dapat dilihat dari pembelian perangkat Oculus VR tahun lalu oleh Facebook.

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.