Sukses

Cangkang Limpet Inspirasi Generasi Baru Tampilan Transparan

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu sebelumnya, sebuah penelitian dilakukan pada spesies limpet, sejenis moluska laut, dan menemukan bahwa mereka merupakan bahan alami paling kuat yang terkandung dalam gigi buatan. 

Kini, studi di Universitas Harvard menemukan bahwa cangkang limpet merupakan kunci dari tampilan transparan tanpa harus terdapat sumber cahaya internal.

Moluska yang dimaksud merupakan limpet biru yang memiliki garis-garis biru terang pada cangkangnya. Garis-garis tersebut disebabkan oleh cerminan dari spektrum cahaya biru yang masuk, sementara warna lain meresap tetapi tidak bagi warna biru. Limpet biru melakukan hal tersebut dengan menggunakan komponen struktur mineralisasi anorganik.

Para peneliti pun menggunakan kombinasi dua dimensi (2D) beresolusi tinggi dan analisis struktur tiga dimensi (3D) untuk memeriksa struktur nano dari garis-garis limpet tersebut. Mereka pun menemukan bahwa bagian cangkang lapisan atas dan bawah tersusun dari padatan trombosit karbonat kalsium dan lapisan organik tipis.

Penataan tersebut berubah dengan adanya lapisan kalsium karbonat menyerupai pola zigzag. Selain itu, di bagian bawah struktur terdapat lapisan bola acak yang tersebar. Demikian yang dilansir laman Gizmag, Selasa (3/3/2015).

Menurut para ilmuwan, struktur zigzag bertanggung jawab untuk memantulkan cahaya berwarna biru dan hijau. Sementara partikel-partikel lain berguna untuk menyerap warna lainnya.

Oleh karena itu, diharapkan pada teknologi manusia bisa terapkan hal yang sama, terutama bagi tampilan-tampilan transparan. Baik saat menampillan teks atau konten lain dengan mencerminkan warna tertentu, bukan membiarkannya terhempas.

(auf/dew)