Sukses

Miliarder Ini Sumbang 10.000 Smartphone untuk Perangi Ebola

Untuk melancarkan proses komunikasi dalam memerangi Ebola, miliarder yang satu ini menyumbang lebih dari 10 ribu smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder Paul Allen mengirimkan lebih dari 10 ribu smartphone ke Afrika Barat untuk membantu memerangi Ebola, demikian dilaporkan Fox News dan ditulis Selasa (18/11/2014). 

Paul Allen adalah salah satu pendiri Microsoft Corporation bersama Bill Gates. Melalui yayasannya, Paul G. Aleen Family Foundation mengirimkan smartphone tersebut khusus untuk membantu para pekerja pemerintah dan relawan dalam hal mengumpulkan data agar efektivitas upaya bantuan dalam wilayah yang dilanda Ebola semakin meningkat.

"Kita perlu data yang dapat diandalkan untuk memahami apa yang sedang terjadi di daerah-daerah yang terinveksi untuk maju dari krisis Ebola," kata Allen.

Allen juga memberikan hibah untuk NetHope, sebuah konsorsium internasional yang ditujukan untuk meningkatkan komunikasi saat terjadi keadaan darurat.

Sebelumnya, Alllen telah menyumbangkan US$ 9 juta untuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit yang juga tetap dalam rangka memerangi Ebola. Sumbangan ini sebagian besar untuk membantu meningkatkan konektivitas di 45 lokasi serta penyebaran 10 terminal satelit.

Selain Allen yang menyumbang smartphone, banyak perusahaan lain yang juga telah membantu, misalnya IBM. IBM telah meluncurkan sistem analisa untuk membantu melacak penyebaran penyakit. Dengan sistem ini, warga setempat dapat melaporkan masalah melalui pesan teks atau panggilan telepon.  (rio/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ebola merupakan penyakit yang menyerang manusia, monyet, simpanse, gorila, dan primata lain yang disebabkan oleh virus Ebola.

    Ebola

  • Smartphone