Sukses

Cara Memakai Earphone yang Benar

Untuk memperoleh output audio yang maksimal dari earphone Anda, ikuti langkah sederhana berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Earphone adalah salah satu perangkat pendukung yang biasa digunakan untuk mendengarkan musik di smartphone atau music player. Tak perlu menggunakan earphone dengan harga mahal, yang terpenting Anda tahu bagaimana cara memakai earphone yang benar.

Earphone yang Anda miliki dapat terdengar mengerikan dan membuat Anda tidak nyaman jika ukurannya tidak pas dengan telinga Anda - terlalu ketat atau longgar. Untuk memperoleh output audio yang maksimal dari earphone Anda, ikuti langkah sederhana berikut ini.

Pilih Ukuran yang Pas

Pilihlah eartip dengan ukuran yang tepat atau sesuai dengan telinga Anda. Cobalah berbagai ukuran eartip (biasanya terbuat dari silikon) yang ada di dalam paket penjualan. Langkah tersebut juga merupakan cara terbaik untuk membuat telinga Anda nyaman.

Ada kemungkinan telinga yang satu dengan telinga yang lain mempunyai ukuran berbeda, mungkin yang satunya sedikit lebih besar sehingga Anda perlu menggunakan ukuran eartip yang sesuai untuk masing-masing telinga.

Selanjutnya>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

NEXT

Gunakan Eartip Dengan Benar

Untuk mendapatkan keluaran suara terbaik dari earphone Anda, eartip harus menutup telinga secara menyeluruh. Jika hanya menekan eartip  ke dalam telinga, terkadang bisa lepas dengan sendirinya sehingga eartip tidak menutup telinga secara penuh.

Cobalah untuk menariknya secara perlahan untuk memudahkan ujung eartip masuk dan menutupi telinga Anda. Ketika eartip sudah terpasang dengan benar, perhatikan apakah masih terdengar suara di sekitar atau tidak. Jika masih terdengar dengan jelas berarti eartip yang terpasang belum optmal.

Selanjutnya>>

3 dari 4 halaman

NEXT

Pasang Senyaman Mungkin

Menggunakan earphone saat berolahraga, biasanya eartip akan tertarik ketika Anda bergerak sehingga lama kelamaan eartip yang tersemat di telinga akan longgar, meskipun kembali dimasukan ke telinga.

Solusinya, Anda bisa memindahkan kabel earphone ke belakang kepala dengan posisi kabel berada di atas telinga. Kemudian miringkan eartip agar sesuai dengan lubang telinga dan posisikan earphone bertanda "L" di sisi telinga kiri dan yang bertanda "R" di sisi telinga kanan.

Selanjutnya>>

4 dari 4 halaman

NEXT

Gunakan Stabilizer

Pastikan untuk menggunakan stabilizer yang mungkin sudah tersedia pada paket penjualan - biasanya terbuat dari material plastik - berguna untuk mengganjal eartip agar tidak mudah goyang saat Anda bergerak.

Anda juga dapat mencoba stabilizer generik, seperti BudLocks Earphones Sport Grips dan untuk Apple earpods seperti  pengait telinga Earbudi Clips. Anda pun dapat menggunakan stabilizer tersebut untuk membantu eartip tetap berada di posisinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini