Sukses

Google Bakal Beli Perusahaan Kamera WiFi?

Akuisisi ini akan dilakukan melalui anak usaha Google, Nest, perusahaan yang juga baru dibeli Google beberapa bulan lalu.

Liputan6.com, Google dikabakan akan kembali menambah daftar akuisisinya. Raksasa mesin pencari ini dilaporkan akan mengakuisisi Dropcam, sebuah perusahaan pembuat kamera WiFi, yang bisa memperlihatkan secara langsung apa yang sedang terjadi di dalam rumah.

Business Insider, Rabu (28/5/2014) melansir, akuisisi ini akan dilakukan melalui anak usaha Google, Nest -- perusahaan yang juga baru dibeli beberapa bulan lalu. Mengingat tidak begitu banyak laporan beredar mengenai rencana akuisisi ini, kedua perusahaan diprediksi tidak terlalu sering terlibat dalam pembicaraan.

Adapun Dropcam baru-baru ini mengumumkan sebuah fitur yang memungkinkan kamera mendeteksi gerakan orang-orang di dalam rumah. Kemudian software berbasis cloud akan mengirim sebuah pemberitahuan ke aplikasi smartphone atau email pengguna.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara dengan Business Insider, CEO Dropcam, Greg Duffy, mengatakan bahwa pendapatan perusahaan terus tumbuh secara signifikan. Sayangnya dia menolak merinci angka pendapatan tersebut.

Sebagai salah satu perusahaan raksasa dalam industri teknologi, akuisisi adalah hal yang lumrah dilakukan oleh Google. Sebelumnya, perusahaan ini melalui YouTube dilaporkan telah mencapai kesepakatan untuk membeli sebuah situs streaming video game populer, Twitch, senilai lebih dari US$ 1 miliar.

Namun tidak semua orang memberikan respon positif atas akuisisi tersebut. Sejumlah kritik mengalir karena tidak rela Twitch berada di bawah kendali YouTube yang notabene merupakan bagian dari Google.

Bahkan dalam beberapa hari belakangan ini banyak pengguna Twitter yang menghujat Google dengan ditandai hashtag (#)RIPtwitch. Hashtag tersebut sempat menjadi topik hangat Twitter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.