Sukses

Inilah Smartphone, Ponsel Fitur dan Tablet Terbaik di Dunia

Tahun 2013 diramaikan dengan berbagai produk gadget yang meluncur di pasaran. Berikut ini produk yang dianggap terbaik sepanjang 2013.

Liputan6.com, Barcelona Mobile World Congress (MWC) 2014 tak hanya dimanfaatkan sebagai ajang unjuk gigi produk dan inovasi terbaru perusahaan. Gelaran 'pesta' gadget tahunan di Barcelona, Spanyol itu juga dimanfaatkan untuk mengumumkan jajaran produk terbaik yang beredar di pasaran sepanjang tahun 2013.

Penghargaan terhadap berbagai produk terbaik di tahun 2013 tersebut dilakukan oleh organisasi GSM Association (GSMA). Penghargaan ini bernama Global Mobile Awards dan merupakan tradisi yang sudah dilakukan sejak 19 tahun lalu.

Menurut laman GSM Arena, penilaian produk terbaik di acara MWC 2014 melibatkan lebih dari 175 analis independen dan akademisi dari seluruh dunia didapuk sebagai juri untuk menentukan ponsel, tablet, atau bahkan pabrikan terbaik yang dilihat berdasarkan banyak aspek.

Nah, berikut ini rangkaian produk yang didapuk sebagai jawara dari setiap kategori di tahun 2013.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Best Smartphone


Produk yang mendapat penghargaan sebagai ponsel pintar terbaik adalah HTC One. Ponsel pintar asal Taiwan itu berhasil mengalahkan iPhone 5S, LG G2 Lumia 1020 dan Galaxy Note 3 yang juga masuk nominasi.

"HTC One adalah salah satu smartphone paling canggih di 2013. Desainnya bagus, dengan antarmuka yang memberikan pengalaman baru bagi penggunanya," ungkap tim penilai dari GSMA saat mengumumkan penghargaan untuk HTC One.

3 dari 6 halaman

Best Low-Cost Smartphone



Lumia 520 berhasil mengantongi penghargaan sebagai ponsel di bawah USD 150 terbaik. Produk Nokia itu sukses mengungguli para pesaingnya, yakni Lenovo A390T, Samsung Galaxy Young, Sony Xperia E dan Xiaomi Hongmi.

"Smartphone yang tidak diragukan soal kualitas, pelopor sebagai hasil upaya melahirkan produk murah dari Nokia," puji tim GSMA untuk produk yang menguasai sebagian besar pasar smartphone berbasis Windows Phone dunia itu.


4 dari 6 halaman

Best Entry-level atau Ponsel Fitur


Nokia 105 diumumkan sebagai juara di kategori ponsel fitur terbaik sepanjang tahun lalu. Produk Nokia bercokol di semua nominasi produk ini, produk itu antara lain Nokia 208, Nokia 515, Nokia Asha 210, dan Nokia Asha 503.

"Nilai uang yang luar biasa, daya tahan yang mengesankan dan daya tahan baterai, ini mendorong penetrasi ponsel ke pasar lebih lanjut," simpul juri saat menyampaikan penilaian untuk Nokia 105.


5 dari 6 halaman

Best Mobile Tablet


iPad Air sukses menjadi perangkat yang terbaik di kategori mobile tablet tahun 2013. Produk buatan Apple itu mengalahkan iPad mini 2, Google Nexus 7 dan Sony Xperia Tablet Z. Di tahun lalu, Google Nexus 7 buatan Asus mengisi posisi terbaik di kategori ini.

"iPad Air memiliki performa terbaik dengan desain yang menarik. Sementara ekosistemnya memiliki keunggulan dalam jumlah aplikasi yang sudah dioptimalkan," tulis tim penilai GSMA soal iPad Air.

6 dari 6 halaman

Most Innovative Device Manufacturer

Vendor asal Korea Selatan, LG Mobile diberikan penghargaan sebagai perusahaan dengan produk paling inovatif. Layar lengkung yang diluncurkan pertama kali lewat LG G Flex berhasil memukau dunia dengan inovasinya itu.

"Mengesankan semua dewan dengan inovasi gebrakan baru. LG melengkungkan teknologi," ungkap juri yang lebih memilih LG sebagai produsen inovatif di antara sekian banyak vendor lain yang ada di dunia.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini