Sukses

Bos Google: Belum Menguntungkan, Harga WhatsApp Terlalu Mahal

Sebelumnya CEO Facebook Mark Zuckerberg sempat mengatakan bahwa USD 19 miliar adalah harga yang pantas bagi WhatsApp.

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang telah diketahui, sebelum Facebook berhasil mengakuisisi WhatsApp dengan mahar senilai USD 19 miliar, Google pun dikabarkan sempat mencoba 'melamar' aplikasi perpesanan instan itu. Namun sayang, tawaran USD 10 miliar dari Google ditolak mentah-mentah oleh WhatsApp.

Pada acara peluncuran buku terbarunya, Chairman Google Eric Schmidt angkat bicara pada wartawan terkait tanggapannya terkait aksi akuisisi WhatsApp yang dilakukan oleh Facebook.

Bos Google itu mengatakan bahwa harga WhatsApp yang mencapai USD 19 miliar terlalu mahal jika Facebook tidak bisa menghasilkan uang dari aplikasi perpesanan instan yang memiliki sekitar 460 juta pengguna tersebut. Namun jika media sosial pimpinan Mark Zuckerberg itu bisa menghasilkan keuntungan dari WhatsApp, maka harga USD 19 miliar bisa dikatakan cukup pantas, bahkan terlalu murah.

"Harganya (WhatsApp) terlalu rendah jika mereka (Facebook) bisa menghasilkan uang dari sekian banyak pengguna, namun harganya akan menjadi terlalu mahal jika mereka tidak mampu menghasilkan uang," jelas Schimdt seperti yang dilansir laman Business Insider, Rabu (26/2/2014).

Sebelumnya pada kesempatan pidato pembuka di ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, CEO Facebook Mark Zuckerberg sempat mengatakan bahwa USD 19 miliar adalah harga yang pantas bagi WhatsApp, bahkan tergolong murah menurutnya.

Ia menyebutkan bahwa WhatsApp lebih bernilai bagi Facebook karena merupakan salah satu bagian penting dari strategi bisnis mereka di masa mendatang.

"Pada kenyataannya, ada beberapa layanan yang mampu meraih satu miliar pengguna. Dan WhatsApp bisa menjadi salah satu layanan yang mencapai satu miliar pengguna, namun tak berharga apapun. Namun dengan bantuan kami, mungkin WhatsApp dapat bertumbuh lebih pesat, dan ini adalah sebuah pertaruhan yang baik." ungkap Zuckerberg seperti yang dilansir laman Techradar.

Baca juga:
Mark Zuckerberg: WhatsApp Pantas Dihargai USD 19 Miliar
Beli WhatsApp USD 19 Miliar, Zuckerberg Dinilai Sudah Gila 
Butuh 2,5 Miliar User Baru Agar Akuisisi WhatsApp Balik Modal
Para Karyawan Awal WhatsApp Bakal Kantongi Rp 1,9 Triliun
Pendiri WhatsApp Dulu Pernah Ditolak Kerja di Facebook
Kecewa Dibeli Facebook, Pengguna Ancam Hapus WhatsApp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.