Sukses

Tim Mahasiswa dari Teknik Elektro Unej Raih Juara 3 Kontes Robot Indonesia

Dia menjelaskan KRI ajang tahunan diikuti berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan menjadi salah satu kejuaraan bergengsi bidang robotika untuk menyalurkan minat, bakat, dan kemampuan mahasiswa anggota UKM Robotika Unej.

Liputan6.com, Jember - Mahasiwa Universtias Jember (Unej) meraih juara 3 pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) Divisi Robot Abu Indonesia (KRAI) tingkat nasional.

Mahasiwa Unej yang meraih juara 3 Kontes Robot Indonesia KRAI tersebut sebanyak enam orang yang berasal dari Program Studi Teknik Elektro universitas tersebut.

"Kompetisi itu tidak hanya menguji kemampuan teknis dalam merancang dan membangun robot, tetapi juga kemampuan strategi dan kerja sama tim," kata Ketua Tim Lahbako San Unej Ahmad Khoiruddin dalam keterangan di Jember, Selasa (9/7/2024).

Dia menjelaskan KRI ajang tahunan diikuti berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan menjadi salah satu kejuaraan bergengsi bidang robotika untuk menyalurkan minat, bakat, dan kemampuan mahasiswa anggota UKM Robotika Unej.

Tim Unej menunjukkan performa yang konsisten sepanjang kompetisi, mulai dari babak penyisihan hingga final. Robot mereka berhasil menyelesaikan berbagai tantangan dengan akurasi dan kecepatan yang mengesankan, kendala teknis dan persaingan yang ketat dari tim lain.

"Meski ada sedikit kendala dalam komponen elektronik robot, namun dengan keluwesan joki dalam mengendalikan robot serta kerja sama dan strategi yang baik dalam satu tim, sehingga kemampuan robot dapat bekerja maksimal dan berhasil mengungguli tim dari beberapa kampus lainnya," ujarnya.

Sebelum mencapai tingkat nasional, Tim Lahbako San Unej harus melalui berbagai tahapan seleksi yang ketat di tingkat wilayah.

Keberhasilan di tingkat wilayah membawa mereka ke babak final di tingkat nasional yang diadakan di Surakarta, Jawa Tengah dan bersaing dengan tim-tim terbaik dari seluruh Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Berinovasi

Ia mengharapkan bentuk kontribusi nyata kelompoknya kepada Unej dapat menginspirasi mahasiswa lainnya terus berinovasi dan berprestasi di bidang teknologi.

Tim juga bertekad untuk terus meningkatkan kemampuan dan prestasi pada masa mendatang, dengan harapan dapat meraih juara pertama di kompetisi berikutnya.

"Semoga tim terus melangkah lebih maju terutama dalam penguasaan teknologi bidang robotika sehingga dapat mengukir prestasi-prestasi lainnya dan membanggakan almamater Unej," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.