Sukses

Jelang Imlek 2024, Kebutuhan Daging di Banyuwangi Meningkat 15 Persen

Kepala Bidang (Kabid) Budidaya dan Usaha Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi Abdurrazak menjelaskan, kebutuhan daging menjelang Imlek saat ini masih cukup tinggi.

Liputan6.com, Banyuwangi Kepala Bidang (Kabid) Budidaya dan Usaha Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi Abdurrazak menjelaskan, kebutuhan daging menjelang Imlek saat ini masih cukup tinggi.

Meski begitu, Razak mengimbau warga Banyuwangi agar tidak khawatir. Pasalnya ketersediaan daging mulai dari daging domba, kambing hingga sapi untuk sekarang bisa digolongkan melimpah dan terbilang aman.

“Sekarang ini terdapat 130 ribu ekor kambing ternak dan 270 ribu ekor domba yang tersedia di Banyuwangi,” Kata Razak, Kamis (1/2/2024).

Bukan hanya itu, nantinya sapi jantan maupun sapi betina yang sudah afkir akan disiapkan dengan dipotong untuk memenuhi stok daging. Razak juga mengaku, pada momen perayaan keagamaan dan hari raya besar nantinya, kebutuhan daging di Banyuwangi diprediksi bisa melonjak naik mencapai lebih dari 170 ton per bulan. 

“Terlebih akan mendekati hari raya Imlek. Namun, kami pastikan ketersediaan barang surplus dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” tuturnya.

Selain untuk stok pangan daerah di Banyuwangi, Razak menambahkan, hewan ternak yang tersedia mulai dari sapi, kambing hingga domba yang ada, juga bakal dikirim ke sejumlah wilayah yang membutuhkan suplai daging. Hal tersebut dijalankan, karena stok hewan ternak yang tersedia masih dalam kondisi yang cukup melimpah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebutuhan Daging Meningkat 15 Persen

Menurut Razak, untuk pemotongan sapi di Banyuwangi normalnya per hari dilakukan penyembelihan kurang lebih 32 sampai 34 ekor. Namun, jika ada kegiatan atau perayaan besar keagamaan yang berlangsung, maka kebutuhan daging ternak akan mengalami peningkatan kuantitas lebih banyak sekitar 10 hingga 15 persen.

"Kami berharap meski kebutuhan akan daging terkadang terus meningkat kami terus berusaha menyediakan stok yang cukup,” tandasnya.

Banyuwangi, kata Razak, juga selalu surplus dan menyandang juara satu se indonesia untuk penanganan inflasi daerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.