Sukses

Wisatawan Mancanegara dan Lokal Ramai-Ramai Bersihkan Sampah Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Sejumlah Wisatawan manca negara dan wisatawan lokal yang berkunjung ke Pulau Merah ikut membersihkan sampah kiriman di Pantai Pulau Merah Banyuwangi.

Liputan6.com, Banyuwangi Sejumlah wisatawan mancanegara dan lokal ramai-ramai membersihkan sampah kiriman di Pantai Pulau Merah Banyuwangi.

Mereka berbaur dengan puluhan warga dan pengelola wisata untuk membersihkan sampah kiriman angin barat itu di salah satu destinasi andalan Banyuwangi tersebut.

Dalam beberapa hari terakhir, Pulau Merah masih  menerima sampah kiriman dari laut.

Kondisi ini merupakan dampak dari musim angin barat yang dalam satu tahun bisa lebih dari satu kali kiriman sampah yang memasuki wilayah Indonesia.

Untuk volume sampah yang terdampar di Pantai Pulau Merah telah menurun sebesar 40 persen dari hari-hari sebelumnya. Meski demikian, ukuran  sampah yang lebih kecil mejadi tantangan tersendiri bagi pihak pengelola.

“Sampah yang datang sekarang ukuranya lebih kecil, bercampur dengan sampah botol dan gelas plastik yang sulit ditangani karena terisi pasir,” ujar salah satu pengelola wisata Pulau Merah Suroto, Jumat (19/1/2024).

Kata dia, pada Minggu 14 Januari 2024, Pantai Pulau Merah tetap ramai dikunjungi wisatawan. Hanya saja kunjungan mereka sedikit terganggu oleh keberadaan sampah kiriman tersebut.

Para wisatawan tetap berdatangan untuk menikmati suasana di Pantai Pulau Merah. Mereka juga terlibat secara langsung membersihkan pantai.

“Teman-teman wisatawan banyak yang malah antusias membantu proses pembersihan Pantai Pulau Merah,”paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siklus Tahunan

Menurutnya, pihak pengelola akan terus melakukan pembersihakn karena air pasang di sore hari masih meninggalkan sampah. Namun wisatawan tak perlu khawatir karena pihak pengelola telah meminimalisir sampah pada jam kunjungan.

“Kami juga memanfaatkan momen ini untuk mengedukasi wisatawan bahwa sampah kiriman di Pantai Pulau Merah merupakan siklus tahunan karena faktor alam,” tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banyuwangi, Muhammad Yanuar Bramuda mengatakan, akan mengambil langkah-langkah setrategis terkait penanganan sampah di Pulau Merah itu.

Di antaranya akan mengerahkan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi untuk membantu membersihkan sampah di Pantai Pulau Merah.

“Ini untuk menjamin kebersihan dan kenyamanan di Pantai Pulau Merah,”tegasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.