Sukses

Bojonegoro Sabet Penghargaan Realisasi PAD Tertinggi 2022 Tingkat Kabupaten dari Kemendagri

 

Liputan6.com, Jakarta - Pemkab Bojonegoro menyabet penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai Pemerintah Daerah kategori Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi APBD Tahun 2022 peringkat pertama tingkat Kabupaten se Indonesia.

Penghargaan diterima Kepala Bapenda Bojonegoro M. Ibnu Soeyoeti di Hotel Mercure Convention Centre Ancol Jakarta Utara, Kamis (16/3/2023).

Penghargaan di berikan kepada 11 Gubernur dan 29 Bupati dan Wali Kota yang di buka langsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo dalam Rapat Koordinasi Nasional Keuangan Daerah Tahun 2023.

John Wempi Wetipo memyatakan, upaya percepatan Realisasi APBD sejak awal tahun perlu dilakukan, sehingga dapat meningkatkan belanja rumah tangga yang pada akhir nya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, selain itu dengan banyaknya belanja APBD tersebut akan dapat mendorong belanja pihak swata sehingga Perekonomian daerah akan berkembang dengan baik.

Wamen menambahkan, solusi dalam percepatan Realisasi Belanja APBD antara lain, melakukan pengadaan dini di mulai akhir bulan agustus tahun sebelumnya, melakukan percepatan belanja melalui E katalog lokal, penepatan pejabat Pengelola keuangan dan pejabat pengadaan barang/jasa.

"Selain itu bisa juga dengan percepatan penetapan juknis DAK dari Kementerian / Lembaga, Percepatan Pelaksanaan DED awal tahun, dan Pemberian reward dan punishment terhadap realisasi anggaran," ujarnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.