Sukses

KPU Jember Kerahkan Mobil Pintar Sosialisasi Simulasi Pencoblosan Pemilu 2024

Ketua KPU Jember Muhammad Syaiin mengatakan, KPU menyediakan perangkat komputer untuk pengecekan daftar pemilih dan simulasi Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jember - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember melakukan sosialisasi simulasi pencoblosan di Mobil Pintar KPU di ajang Car Free Day Jember.

Ketua KPU Jember Muhammad Syaiin mengatakan, KPU menyediakan perangkat komputer untuk pengecekan daftar pemilih dan simulasi Pemilu 2024.

“Jika ada masyarakat Jember yang masih belum terdaftar sebagai pemilih dapat cek langsung dan selanjutnya didaftarkan sebagai pemilih,” ujarnya, Selasa (14/3/2023).

Kata dia, Pengecekan data pemilih hanya menggunakan NIK dapat dilakukan melalui Website kpu.go.id. Selain itu, bagi warga juga diberikan kesempatan untuk mengetahui tata cara atau simulasi melalui aplikasi komputer di mobil pintar KPU.

“Kita juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk ikut simulasi pemilu, adsa pencoblosan dan simulasi lainya di mobil pintar yang kami siapkan,”tambahnya.

Syaiin Kembali mengingatkan, Pemilu 2024 sudah dekat. Kata dia, saat ini terhitung kurang dari satu tahun. Untuk itu pihaknya semakin gencar melakukan sosialisasi.

“Dengan menggunakan mobil pintar, KPU akan memanfaatkan setiap meomentum untuk sosialisasi yang dirasa perlu. Bahkan di Kecamatan-kecamatan secara bergiliran,”paparnya.

Di Jawa Timur, mobil pintar KPU hanya tersedia sebanyak dua unit saja. Satu diantarnya dimiliki KPU Jember. Pada soslialisasi itu KPU Jember juga menyediakan hiburan musik akustik karaoke, serta minuman gratis berupa kopi dan air mineral bagi  masyarakat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahapan Pemilu 2024

Sementara itu, tahapan pemilu 2024 hingga saat ini mencapai  penetapan jumlah kursi dan penetapan daereh pemilihan. 

Selain itu,  tahapan pencocokan dan penelitian  (Coklit) hari ini Selasa (14/3/2023) merupakan hari terkahir dan diharpakkan coklit tersebut rampung tepat waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.